Satrio Piningit atau Satrio Ra Piningit ?

Satrio Piningit.
Karakter manusia secara naluri natural adalah mencari keselamatan, keamanan dan kenyamanan diri sendiri (egosentris) tanpa peduli yang lain, naluri ini sama seperti pada binatang. Karakter setingkat naluri ini terlihat pada awal perkembangan kejiwaan anak dan akan berubah sesuai tumbuh kembangnya otak serta pengalaman yang diperolehnya.

Apabila mendapatkan asuhan kasih sayang dan didikan budi pekerti luhur maka karakter tersebut akan berubah menjadi tidak mementingkan diri sendiri, peduli bahkan sanggup berkorban untuk orang lain serta membela dan menegakkan kebenaran. Karakter ini yang disebut sebagai kesatria tanpa dipengaruhi oleh bentuk-rupa fisiknya. Perkembangan seperti inilah yang menempatkan manusia lebih mulia dibandingkan dengan binatang.

Bila karakter egosentris tumbuh kembang sampai dewasa tanpa asuhan kasih sayang dan didikan budi pekerti luhur maka naluri mengutamakan diri dan mencari selamat sendiri akan menetap bahkan menjadi lebih buruk lagi, tega menimpakan kesalahan bahkan sanggup menari diatas penderitaan orang lainPerkembangan seperti inilah yang membuat manusia lebih rendah derajatnya dibandingkan dengan binatang.

satrio piningit kinunjoroKarakter ini menganggap sikap keSatria, jujur dan menolong tanpa imbalan adalah kebodohan yang merugikan diri sendiri, meski secara alami akan muncul jiwa sosial saat makin tua tetapi sifat keSatria ini ditekan, dipenjarakan/ disembunyikan diisolir (diPingit) agar tidak mempengaruhi ego yang bersifat kebalikannya. Oleh karena itulah bila berkata dia hohong, janji dipungkiri dan bila dipercaya akan dia khianati.

Kesatria masih piningitKarakter sifat keSatria Piningit (tidak keSatria/ licik/ curang, egois, adudomba, jahat, kasar, sadis, memeras, memperbudak, memfitnah, membunuh) inilah yang mewarnai karakter banyak anak bangsa saat ini. Oleh karena itulah maka situasi jadi tidak aman, penjahat kriminal dan preman berseragam ada dimana-mana sehingga semakin jauh kemakmuran- keadilan dan ketenteraman di negri ini. Dalam ramalan Joyoboyo, hal ini dikatakan sebagai “murcane (hilangnya) Sabdo Palon dan Noyo Genggong” sebagai pengasuh bangsa. Kapankah kondisi ini akan berakhir ?.

satrio tanpiningitDikatakan akan kembali masa kemakmuran apabila Sabdo Palon dan Noyo Genggong telah datang kembali menjadi pengasuh anak bangsa setelah beberapa rentetan kejadian: semut ireng anak-anak sapi, kebo bongkang nyabrang kali bengawan, dijajah seumur jagung dening wong cebol kepalang, Pitik tarung sekandang, Sang kodok ijo ongkang-ongkang dan Tikus pithi anoto baris. Setelah itu semua terlewati maka Satrio Piningit muncul (keluar dari pingitan/ Ra Piningit) yang diiringi Sabdo Palon dan Noyo Genggong. Artinya adalah kembalinya sifat kesatria utama yang berbudi mulia pembela kebenaran dan keadilan tanpa pamrih sebagai karakter jiwa bangsa nusantara yang telah lama terkungkung dipingit dalam penjara nafsu angkara. Itulah jiwa Sang Kesatria yang sebenar-benarnya… Satrio Ra Piningit inilah yang ditunggu-tunggu kemunculannya.

Nuwun.

33 Komentar

Filed under klosobedah

33 responses to “Satrio Piningit atau Satrio Ra Piningit ?

  1. O-O

    Satrio Piningit VS Satrio Ra Piningit🙂

  2. Ya ampuun,komandan..
    Terus terang,saya sampe baca berulang kali..pilihan diksi,serta alur tulisan komandan sungguh baik..dan yg terpenting,pembahasannya yg sungguh dalam…
    Berarti,.sekarang tinggal tikus piti menoto baris ya ndan??
    Apa bgmn??

  3. O-O

    Duuh… jadi malu ama Kang Nur🙂
    Matur nuwun Kang Nur🙂
    Betul Kang Nur…. sepertinya tahap inipun sudah mulai jalan…. kalau memungkinkan ikutan nyimpen pithi beras buat si kecil.
    Meski pahit… semoga makin cepat selesai… sehingga semakin sepat datang masa kemakmuran.
    Nuwun.

  4. js

    Salam dan selamat malam Mas ABR..

    Ijin melampirkan berita , mungkin ada manfaat…..

    http://www.merdeka.com/peristiwa/9-ramalan-jayabaya-yang-terbukti-kebenarannya.html

  5. O-O

    Salam dan Selamat Malam Cak JS.
    Matursuwun kiriman tautannya Cak🙂 saya langsung meluncur ke sasaran dan telah saya baca tuntas.
    Bagaimana kabar Kang Slamet… putra cacak… ada bocoran vision?
    Nuwun.

  6. Salam komandan@ benar ndan..felling saya serupa..sepertinya sudah ada gerakan bawah tanah yg sdh ditata oleh seseorg..kalau demikian,apakah bisa dipastikan,kalau itu tahun selelet-lelete?

    • O-O

      Salam Kang Nur.🙂 Hehehe… banyak yang saling mau menata sesuai selera dan kepentingannya masing masing🙂
      Rasa-rasanya benar kang Nur…. selet-lelete.🙂

  7. Kang js@monggo dijawab pertanyaan komandan..
    #pasang telinga,.hihi..

      • js

        Salam rahayu dan selamat pagi….
        Semoga Mas ABR dan Mas Nurkahuripan sehat….

        Kabar anak angkat saya Slamet sehat, kami tetap selalu mendapat berita dari sana dan kami memang tidak menulis berita itu karena alasan dan hal tertentu tapi saya atau kami hampir tiap hari selalu Ngen dan berdoa demi tanah air tercinta ini agar terlepas dari tangan kotor dan pikiran pemimpin yang jahat, tidak jujur,tidak adil , tidak amanah dll…

      • O-O

        Amiiin. Suwun do’a Cak Js.
        Salam Rahayu dan selamat malam Cak Js, Kang Nur, Kang Wager dan sedulur semua.

        Syukurlah semua sehat sekeluarga. Amin…semoga para pemimpin dan aparat yang jahat, tidak jujur, semena-mena dan tidak amanah segera sadar dan memperbaiki diri senyampang masih punya waktu.
        Nuwun.

  8. aku pernah singgah disiniy…
    pada masa entah yang keberapa kaliy…
    aku tak pernah mau untuk bisa mengertiy…
    kala manusia masih menghamba materiy..
    sebab hadirku sesuka hatiy…
    pada jaman selalu begitu silih bergantiy…
    aku kan selalu hadir..temani mereka para Pencariy…
    tak akan ada sebersit sesal dan iba dihatiy..sebab hidup hanya penuhi kodrat sang pengembara sejatiy…dan semestapun pasti mengimbangiy…
    aku akan datang dan pergi sesuka hatiy…
    selalu begitu pada setiap jamannya nantiy..hingga waktu mempertemukan dengan sang permaisuri nan sejatiy…
    sebab langit telah terlanjur mengikat janji dengan bumiy…
    sebab waktu hanya mengisi ruang-ruang kosong tak berpenghuniy..selebihnya sepi…
    .
    aku kan terus tertawa riang sembari bernyanyiy…
    sebab kini hidup bukanlah saatnya terikat oleh janjiy…
    sebab aku hanya menuruti takdirku sendiriy..dan semestapun tak akan pernah bisa ingkar janjiy…
    aku kan terus tertawa riang sembari bernyanyi-nyanyiy…
    bersembah pada apapun semua yang kutemuiy…
    aku pernah singgah disiniy…
    aku pernah singgah disiniy..
    aku pernah singgah disiniy.

  9. Salam komandan,kang tjokodjiyo@
    haha..utk saat ini memang sepiy ndan..tapi utk tingkat keilmuan,saya tdk punya jempol lagi tuk diberikan..

  10. Ping-balik: Tikus Pithi Anoto Baris | "Pagelaran Kloso Bedah"

  11. lam kenal kang tjokrodjijo…puisinya lucu’…kayak puisi bikinan anak kecil…ngalor-ngidul…ruwing-ruwing…
    bikin lagi eaaaa…
    ihik ihik

  12. rang_rimba

    iyaaa…lucu-lucu keki…kayaknya bikinnya puisi sambil bikin roti yaaa…

  13. bukan gundala

    roti apaan siii…kayak tim tajir ajaa…duwit saja kagak gablekk…paleng-paleng cuman ngobok-obok sarang tengu…sarang kecoak…sarang semut…sambil ngebayangin nelen roti kaleee…

    Wuakakakakakaka

  14. downat bebek

    ssstttt!!…kalian brisikk teruss siii…ntar si ratu ‘imut’ mara mara…trus ngambek…lucu mekina mengkeret…pengen sa be.teloer tp diganggu terus sih…hi hi

  15. gps

    gimana kagak bisa ketawa ngakak…orang gambar-gambar ‘roti’ udah dibuang saja masih be.harap ada keajaiban…bisa berubah nyata trus nelen benerann…saking bingun nya kaleee…
    Wua’ a’ a’ a’ a’ a’ a’

  16. downat bebek

    hehh!!…udaaah jangan ribut mulukk…tuh si ratu udah mulai kheki…ntar sembuhnya lama…yuk pada be.siap-siap berdo.a semuwaa..

  17. rang_rimba

    lapeerr…
    gatell…
    lapee…
    gatee…

  18. downat bebek

    udaahh…diemm…terima saja nasep kita…dengan lapang dada…yang penting terus berdo.a…semoga kelak kita tidak salah jaman lagi…amin

  19. wager

    Salam utk downat bebek dan kawan-kawan.

  20. TB

    met semua….wah kang JS jarang nongol sekarang.mana berita2 langitannya he he…bagaimana kabar kang Nur….buat kang Abr maat ya baru kali ini sy singgah….Kang Nur bagaimana dg bola 2 cahaya itu…

  21. Nurkahuripan

    Salam kang Tb,simbah,kang js,dll@ buaik selalu kang Tb,semoga sama disana..
    bola2 cahaya di langit jakarta timur saat malam sabtu kemarin,kang?

  22. Kanjeng Iboe sampun paring dawoeh cetho welo-welo…mboten pareng mixing…najan rodok kero nanging nyuwiji…
    pangapunten e…
    sampai jumpa
    salam

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s