Membuat Keputusan (MK).

Membuat Keputusan selalu terjadi setiap saat pada semua orang, perbedaannya hanyalah masalah waktu terjadinya, tingkat urgensi & kepentingannya.

pergulatan membuat keputusan

Pada seorang pemimpin jelas lebih sering menghadapinya (waktu munculnya masalah yang harus diputuskan dalam hitungan menit bahkan detik), dan tingkatan urgensinya jelas besar (sangat mendesak bahkan emergensi) serta cakupan kepentingannya jelas lebih luas bila dibandingkan dengan orang biasa. 

Proses pengambilan keputusan dapat cepat atau lambat tergantung pelik tidaknya masalah yang dihadapi, jarak pandang (visioner)  maupun niat dalam hati sanubarinya.

Hasil pengambilan keputusan yang menilai adalah orang lain. Bila hasil keputusan hanya menguntungkan si pembuat keputusan tapi merugikan pihak lain maka dinilai sebagai setan. Apabila keputusan menguntungkan semua pihak maka dia dinilai sebagai malaikat. Kalau pengambilan keputusan ditunda-tunda maka dia disebut tidak responsif.

Repot kan jadi pemimpin.

28 Komentar

Filed under klosobedah

28 responses to “Membuat Keputusan (MK).

  1. wagerrr

    Kalau saya jadi pemimpin, apalagi pemimpin pemerintahan, sepertinya saya tidak akan serepot itu Kang.

    Setelah dilantik, tinggal nunggu gajian, nunggu proyek dan nunggu masa tugas habis. Tidak perlu bikin trobosan baru dll. Repot ndak repot gaji tetap naik.

    Jempol untuk artikel barunya.

    • O-O

      Wakkkk….. ah kang Wager bisa aja merendahkan diri dan menyamakan dengan sikap kebanyakan pemimpin negri ini.
      Malah saya yakin kebalikannya…. pasti akang akan cepat beruban karena tiap saat konflik dalam kepala terus terjadi…. he..he..he.
      Btw.. suwun jempolnya kang.

    • Ibarat tebang hutan bikin desa, akhirnya berkembang semakin ramai menjadi kota. Perlahan lahan diatur, digusur, diperlebar dll. Pendidikan warga, kesehatan, fasilitas publik dll kwalitasnya ditingkatkan secara bertahap selama bertahun tahun.

      Semua itu bisa dilakukan dengan syarat adanya stabilitas keamanan dan cukupnya kebutuhan dasar minimal pangan.

      Masalah di negeri kita khan penduduk sudah terlanjur banyak, orang pintar banyak namun orang bodoh tanpa pendidikan juga banyak, Sebagian orang bisa beli 2-3 mobil, namun sebagian orang masih berkutat urusan perut. Sewa rumah mahal, sewa lahan kuburan juga mahal, rakyat bertengkar dengan sesama rakyat, aparat saling tembak sesama aparat, politisi saling sikut sesama politisi dst dst

      Duh, kebanyang betapa kompleknya permasalahan di negeri ini. Boro-boro mikirin penelitian atau pegi ke bulan, mikirin hal mendasar seperti angkutan umumnya saja kita baru mulai.

      Duh, membayangkan saja rambut langsung putih dalam sehari……

  2. Pen d o a

    Salam hormat Pak ABR , si Mbah Wage….

    Menjadi seorang pemimpin misal Presiden atau Gubernur , Bupati dst kebawah maka sewajibnya atau harus menganggap dirinya telah lenyap atau tidak ada , hilang ego dan nafsu syahwatnya , tidak duniawi, maksudnya dirinya tidak lagi mengurus atau menumpuk apa yang dibutuhkan demi diri pribadi atau keluarganya misal uang , mobil, rumah bagus dan lain lain , dirinya melebur lenyap dan mewujud menjadi rakyat…rakyat adalah dirinya dan sebaliknya , rakyat adalah anak anaknya , rakyat adalah jiwanya dst dst…..adakah pemimpin seperti itu ??? semoga Tuhan YME memberikan hadiah kepada NKRI seorang pemimpin seperti itu….Amiiiin..

    • Pen d o a

      Seorang pemimpin harusnya memiliki naluri dan insting yang kuat juga nurani , adil bijaksana…

      Keputusan sangat cepat diambil , seperti gerak reflek diri ketika diri kita terkena sesuatu , misal ketika ada nyamuk menggigit maka tangan bergerak reflek , menepuk nyamuknya supaya mati , atau mengibas untuk mengusir dan menggaruk rasa gatal bekas gigitan nyamuk , he he…

  3. O-O

    Salam Kang Pen d o a…. jempol buat akang.
    Tepat kang. Hal yang paling berperan dalam membuat keputusan adalah NIAT dalam hati sanubari bahwa semua keputusan yang akan diambil haruslah menguntungkan buat rakyat, pemerintahan dan negara tanpa embel-embel lainnya.
    Kalau ada pemimpin yang seperti akang…. hmmm… bakal makmur bangsa dan negara kita. Gracias kang.

    • pen d o a

      Salam rahayu Pak ABR…..

      Saya sangat rindu dengan sesuatu yang mungkin muskil dan sangat jarang terjadi , suatu keajaiban dari kehendak Tuhan YME ,hasil karya alam , kemunculan dan kehadiran pemimpin seperti yang tertulis di ramalan….kita menyebut Beliau SP, RA ,Budak Angon , Budak Janggotan atau ada nama yang lain ??….monggo saja menyebut dengan nama yang disuka….

      Bukan masalah percaya atau tidak percaya atas ramalan ini, kita sugestikan bahwa sosok ini harus dan memang ada , kita semua yang wajib berdoa untuk kehadiran sosok terhormat itu…

      Kita butuh pemimpin seperti itu , kita berharap NKRI ini makmur aman sejahtera damai dll , kita butuh bukan demi hidup pribadi , kelompok dan golongan tertentu tetapi demi semua rakyat tapi demi rakyat yang mungkin tersisih , terdholimi teraniaya karena belum tersentuh keadilan , kasih sayang , azas pemerataan , keadilam sosial , mereka yang mungkin hidup dengan cara seperti hewan liar dimalam hari , tidak mmenentu , besok bisa makan kenyang atau tidak atau apa yang akan dimakan , uang hasil kerja atau hasil hutang ??…he he…

      Sudah terpilih Presiden pilihan rakyat , beliau bernama Jakowi…..
      Apakah harapan ini adalah mimpi atau pepesan kosong ….entahlah

      • O-O

        Salam Sejahtera Kang Pen d o a.
        Sependapat Kang. Dulu yang menjadi topik sorotan saya adalah “sebuah ramalan” yang pada hakikatnya adalah “sebuah bungkusan”.
        Dengan perjalanan waktu, ada perubahan pemahaman saya yaitu isi ramalan tersebut sangat bagus untuk bangsa kita yaitu akan tercapainya kondisi MAKMUR dan SEJAHTERA. Inilah adalah suatu HARAPAN yang berarti “Sebuah Do’a” menurut teori “Hukum Saling tertarik/ Law of Attraction”. Oleh karena itu pada tulisan topik selanjutnya lebih menyoroti materi tentang kemakmuran dan kesejahteraan serta sedikit menyoroti model/ karakter pemimpin yang mendukung maupun tipe yang akan menjauhkan harapan tersebut. Pemimpin diposisikan hanyalah sebagai obyek pelaksana dan bukan sebagai subyek.
        Matur sembah nuwun Kang Pen d o a.

        Tambahan.
        Meskipun pemimpin sebagai “Obyek” tetapi sangat berperan terhadap keberhasilan “Subyek”.

  4. dewi

    Mahkama Konstitusi = MK
    Membuat Keputusan = MK

    MK + MK = MKMK

    What MK next?🙂 …

  5. Ping-balik: Intisari Musarar Joyoboyo | "Pagelaran Kloso Bedah"

  6. Tim Posinggg

    Keputusan Tim Pakar : selalu benar…pinter…bisa…
    Tapiiiii…p.e.r.k.a.r.a. Pener…¤tanya tokek¤
    tok otok otok otok otok..
    Otok otok
    .
    Wu a’ a’ a’ a’ a’
    .
    ####
    (senshoor)

  7. Romantice

    yaaah…nyang namanyah raga pasti ancur lebur jadi tanah…tapi janji di gerbang portal tetep abadi kaleee…
    xixixi

  8. Resume

    sesuai pe.mintaan sang raja kecoak skr bener~bener udah lumpoeh…buwkan kerana sawbotase dll…melainken bozen nyawang kahanan…mungkin keadaan di kehidupan mendatang akan lebih baek…lebih maju…
    Sampe Jumpa

  9. Jemhuran Sak Ndayat

    iyaaa…urusan internal biar diberesin sama temen temen…pa tinggal nunggu waktu…pa gemana…¤tanya toket ato tanya pakar nih…bingun¤

  10. Baladah Zombie Mokswa

    mmm…maleees…lemeees…pengen nyosor meki pramboes wangi asli! alamiy siy…wat jamu awet muda…b.e.r.g.a.i.r.a.h…aah…indahh…
    .

  11. Legenda SP Digondol Ratu Pramboes

  12. Pramboess

    iyaaa…lemeees…disosor terus siy…tiap malemm..aah…
    .

  13. The Real Racer

    hadehh…legalah soedah…cemeplong is…udah nol besar…alias udah kaga poenya pa paa…enting iss…tinggal dansah dengan syabina syalalaa…duhai asiknyaa…
    sampai jumpa.

  14. hikmah_meringistis

    hikmah meringistis

  15. exercise

    heee…lagiy be.latih nyamakan derap kakiy…sama tim the real effect 2D…tu…wa…ga…pat…ma…lheeesss…

  16. Resume Sentimen Negatif

    hmmm…jadinya “ada bayank~bayank” nya cilubaa udah cok loh…bergantiy dg bayang~bayang syabina_syalalaa…tap..tapp..tu..wa..tap..tapp..ga..pat….
    ####
    ( sensor..porno sih soalnaa..xi xi xi )

  17. Tim Posing Bin Bonyok

    Wakakak
    mantap coy

  18. Archy Strange

    Wakakak
    memang lidah be.cabang
    wakakakakakakakak

  19. Dalam pembuatan keputusan otentisitas & orisinilitas manusia terlihat.
    Ada banyak hal yg menentukan pembuatan keputusan tsb.
    Seringkali adalah kemauan utk berkurban, & hal tsb sebuah proses yang menyakitkan
    Ini bukan tentang seorang pemimpin namun ketika dihadapkan dg kepentingan banyak orang yg tergantung pada keputusan kita

    Replay:
    Paassss buuaaangeeett Kang.😀

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s