Gabungan Sudut Pandang, Pencitraan Lebih Baik

Pencitraan (penggambaran/ landscap/ view) terhadap suatu hal akan lebih baik bahkan sempurna bila dilakukan penggabungan dari berbagai sudut pandang dan dari bermacam latar belakang “Sang Pemotret/ viewer”.

melihat lebih baik

Bagaimanakah menurut Anda?

Telaah Kang Omie:

Pada gambar diatas ada yang lebih fokus yaitu citra satelit wilayah nusantara yang terlihat jelas dalam lingkup/ area dalam rengkuhan/ saling berpegangan para/ sekumpulan pemerhati yaitu si penerjun payung.

Baju seragam kelompok penerjun bervariasi warnanya dan berkelompok saling berpegangan sesamanya juga saling berpegangan dengan kelompok seragam warna yang lain…. demikian pula ada perbedaan warna ransel terjun payungnya meskipun sama warna kelompoknya. Tambahan kalimat dalam gambar kelihatannya dimaksudkan untuk memandu/ menegaskan makna gambar tersebut. Jadi yang dimaksudkan gambar tersebut adalah penyatuan pendapat (sinkronisasi) hasil kesimpulan pandangan terhadap nusantara dari berbagai keahlian / profesi (inter dan antar berbagai disiplin ilmu) akan menghasilkan penilaian yang makin akurat sehingga dengan modal pemahaman tersebut dapatlah dibuat rancangan pembangunan segala bidang dengan ketepatan yg tinggi.

Gambar diluar rengkuhan ikatan si penerjung digambarkan berkabut dan tidak tembus pandang…. artinya bila masing-masing mengandalkan kemampuan individu dan disiplin keilmuannya sendiri maka kegagalan/ salah arah sangatlah besar kemungkinannya.

Kang Senyum:

Jadi maksud gambar adalah di nusantara ini rakyatnya/ orang pintar/teknokrat/ saintist/ pengusaha/ politikus dll harus bersatu dengan cara saling bergandengan tangan (bekerjasama), apapun warna juga bajunya harus terfokus bersama untuk membangun nusantara dari segala bidang dan segala sudut pandang keahlian… sehingga maksud dan tujuan pembangunan nusantara secara keseluruhan ini tercapai.

Semoga tercapai… Manisnya Negeriku (penyanyi dan pengarang Mas Mijiono)… bila semua bersatu-padu tanpa membedakan SARA tanpa membedakan pangkat dan embel-embel mbelgedes lainnya pada guyup rukun bergotong royong membangun negri.

Betapa indahnya negriku.

Iklan

23 Komentar

Filed under Uncategorized

23 responses to “Gabungan Sudut Pandang, Pencitraan Lebih Baik

  1. senyum

    Pencitraan dari atas seperti visualisasi gambar grup para penerjun payung tsb, bagus sekali dan sekaligus dari view itu kita akan bisa melihat betapa indah dan luas Nusantara ini…
    Apalagi pencitraan dibantu menggunakan satelit, akan lebih detil obyek NUSANTARA yang akan diamati itu…

    Terjun payung adalah olahraga juga wisata dan di sisi lain sang penerjun akan menikmati citra alam yang indah dari ketinggian awang awang itu, sedangkan pencitraan satelit pada bumi merupakan OLAH DAYA manusia untuk mengamati dan mengolah bumi..

    Mengolah diri manusia dengan berolahraga terjun payung akan menyehatkan bagi para olahragawan.
    Sedangkan mengolah citra satelit terhadap bumi dengan benar seperti satelit cuaca akan menjadi manfaat buat seluruh alam atau manusia… Namun di sisi lain mengolah satelit yang dilengkapi dengan misalnya particle beam weapon walau akan menjadikan manfaat bagi golongan tertentu namun akan menjadikan kerusakan bagi alam atau manusia lain…

    Ya begitulah cerita tentang usaha manusia dengan segala macam pencitraan di langit di atas BUMI ini… 🙂

    • O-O

      Salam Kang Senyum, terimakasih tanggapan akang. Saya tunggu kiriman akang tentang “pencitraan / inderaja”.
      Salam Kang Wager, Kang Nur, Cak JS, Kang Omie dan para saudara semua.

    • senyum

      Maaf komendan, mau nambo cie’… hehe
      Teknologi pencitraan baik di satelit atau pesawat itu sudah lama berkembang.., mau urusan damai untuk citra cuaca atau citra dipakai pertahanan keamanan spt pesawat kepresidenan atau pesawat perang atau satelit… berikut kalau mau belajar citra particle beam yang aplikasinya dari sisi pertahanan keamanan… tahun 80an sudah ada loh ndan…. wowww keren banget …. ckckck hebat euy…
      http://www.powerlabs.org/emguns.htm
      ausairpower.net/AADR-HEL-Dec-81.html
      ausairpower.net/APA-DEW-HEL-Analysis.html

      Hatur nuhun ndan 🙂

      • senyum

        Referensi tambahan tentang particle beam dari sisi pertahanan keamanan… alatnya bisa mengontrol pikiran manusia juga bisa menciptakan cuaca ekstrim plus plus bencana alam seperti gempa bumi…. widiwww alat perangnya semakin jos punya ternyata haha…. pusing ahh mikirnya… mending cuek sajalah.. terlalu berat dipikirnya gak sampai ilmunya niey.. hehehe.
        mindjustice.org/06-12-romero-book.pdf
        http://axisoflogic.com/artman/publish/Article_64217.shtml

  2. Artikel pendek yang dilengkapi dengan simbol gambar yang yang membikin kening yang sudah penuh lipatan menjadi semakin berlipat. Asem!


    Apapun “warna”mu,
    Apapun”baju”mu


    Hmmmmm………..
    Mungkin saya tahu Kang, arti gambar atau pesan yang hendak disampaikan oleh Komandan, tapi mungkin juga ……………tidak tahu.
    Entahlah………

  3. jenenge sopo

    salam semua

    gabungan sudut pandang akan menyusun sesuatu menjadi utuh atau bisa cuman setengah utuh atau menjadi sesuatu yg lain dari yg dimaksud…tetep harus ada acuan titik fokus atau standard yg bisa diikuti…kalo tidak akan meraba2 juga bentuk sesuatu yg dipandang tersebut…

    bener ngga sih….malah saya sendiri ngga yakin juga….heheh

  4. jenenge sopo

    salam kang omie…selamat yah udah wisuda….semoga bermanfaat ilmu yg didapat selama kuliah s3….ditunggu corat coretnya sama sang komendan…. 😀

  5. omie

    Salam komendan, eyang Wager, kang Nur, kang Senyum, kang Jenenge Sopo….. ehh.. sopo yooo…. kang JS? kang GP?, kang Pelayan?, kang KK?
    Lhah… sopo baelah yaoo yg jelas… berkat do’a restu dan suport semangat dari kang Jenenge Sopo akhirnya saya tak jadi walk out sehingga bisa selesai… tengkyuuu, brother.
    Ternyata menuangkan isi kepala dalam bentuk tulisan memang bener bener sulit, lebih mudah nambahi atau memodifikasi tulisan/ idea orang lain… atau membantahnya…. dan ini bisa langsung nyerocos tanpa banyak mikir.

    Mengomentari tulisan dan gambar diatas…. (flashback dulu ya… karena sebelum kita bisa memahami hasil karya seseorang maka kita harus paham tipe karya tsb)… karya komendan mirip komikus Herge… si pengarang “Petualangan Tintin” yaitu mata pembaca tidak dipaku/ difokuskan ke satu arah tertentu tetapi disebar ke seluruh ruang gambar. Pada gambar diatas memang ada yg lebih fokus yaitu citra satelit wilayah nusantara yg terlihat jelas dalam lingkup/ area dalam rengkuhan/ saling berpegangan para/ sekumpulan pemerhati yaitu si penerjun payung. Baju seragam si penerjun bervariasi dan berkelompok saling berpegangan juga saling berkaitan dengan kelompok seragam warna yg lain…. demikian pula ada perbedaan warna ransel terjun payungnya meskipun sama warna kelompoknya. Tambahan kalimat dalam gambar kelihatannya dimaksudkan untuk memandu/ menegaskan makna gambar tersebut. Jadi yg dimaksudkan gambar tersebut adalah penyatuan pendapat (sinkronisasi) hasil kesimpulan pandangan terhadap nusantara dari berbagai keahlian / profesi (inter dan antar berbagai disiplin ilmu) akan menghasilkan penilaian yang makin akurat sehingga dengan modal pemahaman tersebut dapatlah dibuat rancangan pembangunan segala bidang dengan ketepatan yg tinggi.
    Gambar diluar rengkuhan ikatan si penerjung digambarkan berkabut dan tak tembus pandang…. artinya bila masing-masing mengandalkan kemampuan individu dan disiplin ilmunya masing masing maka kegagalan/ salah arah sangatlah besar kemungkinannya.
    Ngapunten lho ndan.

  6. omie

    Ada yg ketinggalan komentar…. sepertinya judul yg dibuat komendan … maaf… kurang fokus karena punya makna ganda, satu makna memang tepat dengan gambar bila analisa saya tentang gambar/ isi tulisan seperti komen saya diatas…. tapi punya makna yg lain yaitu dari teknik pengambilan gambar (sudut pandang = angle arah shooting foto/gambar).. bila hal ini yg dimaksud maka terlalu banyak sudut pandang/ angle arah shooting maka hasilnya malah kabur/ buram / tak jelas.
    piiss ndan 🙏.

  7. senyum

    Wah, maap komendan…. kalau tanggapan dalam membaca gambar agak beda.. malah kok yang dibahas tentang keberadaan citra satelit atau pesawat terbang di angkasa atau atas awan dan konsekuensinya buat pada para penerjun dan juga konsekuensinya terhadap nusantara itu ..

    Jadi maksud gambar adalah di nusantara ini rakyatnya/orang pintar/teknokrat/saintist/pengusaha/politikus dll harus bersatu dengan cara saling bergandengan tangan (bekerjasama), apapun warna juga bajunya harus terfokus bersama untuk membangun nusantara dari segala bidang dan segala sudut pandang keahlian… sehingga maksud dan tujuan pembangunan nusantara secara keseluruhan ini tercapai… … mangtab kang omie… trims… duh semakin pusing untuk mengerti arti suatu gambar… maap ya komendan.. 🙂

  8. jenenge sopo

    pertama saya pikir itu benua australia….begitu saya perhatiin lebih detil, ternyata nusantara…maklum udah agak lamur…hehehe

    tapi maksud gambar itu sebenarnya nyampe kok…intinya bersatu kita teguh….bercerai kita runtuh….makanya bercerai itu perbuatan sah tapi sangat dibenci….hehehe

    maaf malah ngelantur komendan…

  9. O-O

    Salam Kang Wager, Kang Omie, Kang Senyum, Kang J Sopo, Kang Nur, Kang Lesung, dan para saudara semua.

    Duuhh… mohon maap, baru sampai rumah sehabis jalan-jalan.
    Ahh… syukurlah, saya sudah bisa berhasil menyampaikan gambar…. terimakasih para sahabat semua.

    Tentang judul… wah… terimakasih Kang Omie… memang benar pendapat akang… judul tersebut punya makna lebih dari satu…. atau barangkali judulnya hanya “Pencitraan” saja ?… tapi malah banyak arti… dan malah berkonotasi negatip… seperti misalnya: pencitraan diri.. jadi binun juga bikin judul.
    Salambinundotcomdah

  10. jenenge sopo

    habis baca artikel ini…terus lihat pujiono tampil diacara idol…jadi penasaran saya browsing youtubenya….Masya Allah bikin merinding dan nangis lagu manisnya negeriku….mungkin karena ketulusan pencipta lagunya melihat kondisi terkini negeri ini…semoga tetap bersatu bangsa dan negeriku dalam segala perbedaan…

    • O-O

      Duuhh… padangan mata jadi kabur dan hidung jadi meler pilek mendadak menyaksikan dan mendengarkan lagunya.
      Terimakasih Kang J Sopo.

  11. Selamat untuk Kang Omie untuk kelulusannya. Posting ucapan selamat di blog abal2 boleh ndak?

    Sehat untuk Kang OO

  12. senyum

    kang Omie… Selamat Selamat Selamat (S3)… selametan bubur abang bubur putih… 🙂

  13. omie

    Salam pak komendan, eyang Wagerrrr, kang Senyum, kang GP, kang Pelayan, kang JS, kang Lesung. Matur nuwun, acungan jempol untuk semua yang telah memberikan dukungan dulu saat kelimpungan didera cobaan kegagalan sehingga bangkit lagi meskipun nafas hampir habis… akhirnya Sluman Slumun Slamet (S3) dapat dicapai.
    Lhahh… komen abal-abalku nangkring ke atas. Terima kasih ndan..

  14. O-O

    Salam Kang Wager, Kang Omie, Kang Senyum, Kang J Sopo, Ning Dewi and all.
    Syukurlah… ternyata ada manfaat yang lain dari blog ini…. guyup rukun saling suport semangat sesama saudara sehingga Kang Omie tidak mutus sekolah ditengah jalan… akhirnya ada tambahan embel-embel doktor.. dan semoga cepet jadi…. profesor doktor Omie…. congrat Kang Omie.

  15. penyatuan sudut pandang, kemauan bekerjasama, saling berbagi & saling menguatkan bagaikan potongan-potongan dupa , ratus atau menyan dalam PADUPAN KENCANA

    Apuranen kumawani atur kagawa tyas kayungyun,
    Hening ati madyaning ratri,
    Ameruhi…..
    Kurungan peksi prada rukmi samya sunya tan ana kang nenggani
    Perkutute anggegana sirna urubing cahya
    Peteng ndedet lelimengan…..
    Angrerintih kalimputan…..
    Para bajang atut wuri Si Kaki
    Adedamar nuntun barisan mecaki dalan
    Wus rusak dhatulaya !!
    Rasa datan bisa anyurasa !!
    Oncat maligi jiwangga !!
    Lebur tumpur tataning sujanma !!
    Duh… kadhang-kadhang taruna jatmika,
    Jantraning jagad wus aweh sasmita,
    Angajap tyas rahayu samya weweka,
    Golonging tekad meper hardaning priyangga
    Duh… reroncening puspa,
    Datan rebut unggul hamung lila legawa
    Anglepas tansaya pas
    Angaturi dipun genepi
    Dadya ratus ing Padupan Kencana,
    Tulus sumedya angambar arum,
    Kumelun sundul ngawiyat,
    Handayani geter sarining bawana,
    Sarining Allah sarining Rahsa
    Byar padang sasangka
    Kadya tanggal kaping limalas
    Padang njaba pandang njero
    Padang luwih padang
    ♥♥♥☼♥♥♥
    Tuhan berkarya dalam diri manusia, manusialah tangan dan kakiNya
    Setiap pribadi telah dianugrahi talenta bukan untuk digenggam erat namun untuk saling berbagi
    Tiada yang paling hebat namun kebersamaan membuat kuat
    Dengan tulus menerima dan merayakan talenta yang ada pada orang-orang disekitar kita & dengan rendah hati mempersembahkan (melepas) talenta kita hidup semakin dipenuhi dan digenapi
    Karena kita seumpama untaian bunga, untaian batang-batang lilin yang menyala
    Malampun benderang berpendar cahaya
    Atmosfer dipenuhi harum wangi bunga

    • o-o

      Waaaoooo…. puisi nan syarat makna.
      Matur sembah nuwun Kang Tommy… Nyuwun pangapunten dangu tan kaaturan pinarak.
      Nuwun.

    • Wedaran Kang Tomy memang selalu mencerahkan. Setiap untaian kata yang dibuat terasa indah dan sarat makna.

      Salam untuk Kang Tomy dan salam juga untuk Komandan ABR.

  16. Beibe

    Congratulation to my Senior, my Brother ……. O-O
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Agus_Surya_Bakti
    Semoga secepatnya naik jabatan lagi
    Tak dongak ke
    Salam rahayu

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s