Imlek, Belajar ke China.

Konon, kata sahibul hikayat.

Perayaan “Imlek” berasal dari budaya suku bangsa Han di China dimana pada hari tersebut adalah suatu petanda awal musim semi yang cocok untuk bercocok tanam.

Ucapan Imlek

Pada saat itulah para sanak-saudara dirantau pada pulang kampung, berkumpul sambil membantu mengolah lahan serta menengok makam nenek-moyang dan memperbaiki kerusakannya. Mereka harus bekerja keras mengumpulkan persediaan bahan makanan untuk menghadapi musim dingin.

Kumpulnya para saudara dari rantau tentu akan disediakan jajanan khas yang jarang ada dirantau, serta menjadi ajang saresehan hal lampau dan merencanakan masa kedepan.

Hal ini selanjutnya menjadi mediator berbagi harta/angpao untuk membantu para saudara yang berencana membuat usaha atau yang menempuh pembelajaran.

Nah, budaya ini dibawa ketika migrasi ke negara yang bisa menanam setiap saat atau pindah usaha ke perdagangan/industri yg tak kenal musim maka mereka kerja keras sepanjang tahun dan budaya berbagi dan saling menolong antar sesama mereka terus dilestarikan, itulah rahasia sukses mereka.

Nuwun.

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s