Pemimpin “Kuat” Versi Pembaca

macan“Saya percaya, seribu kambing jika dipimpin oleh seekor harimau akan mengaum semua. Namun seribu harimau jika dipimpin seekor kambing maka akan embeeeek semua. Sejarah mengajarkan kepada kita: Kualitas kepemimpinan menentukan bangkitnya atau rubuhnya suatu bangsa.”

Kalimat di atas saya dapatkan dari postingan status di halaman Facebook Bpk Prabowo Subianto. Sepintas, dari sisi anlogi yang beliau gunakan, jelas tidak tepat atau jauh dari “dunia nyata”.  Walau bagaimanapun kambing tetaplah kambing dan tidak akan mungkin bisa mengaum bukan?

Namun mencoba untuk berpikir dari sisi lain yang lebi positif, apa yang beliau sampaikan tidaklah salah.  Pemimpin hendaknya orang yang “kuat” dan berkualitas. Itu pasti dan nyaris tidak bisa ditawar lagi. Namun masalahnya, seperti apa pemimpin kuat ala harimau yang dimaksud, sampai sekarang saya tidak menemukan penjelasan yang lebih lengkap.

Bagaimana menurut Anda? Apakah pemimpin kuat ala harimau dibutuhkan? Kalau jawabannya Ya, seperti apakah pemimpin yang kuat menurut Anda atau pertanyaan mudahnya, siapakah contohnya?

Ditulis oleh Wager

Iklan

57 Komentar

Filed under Uncategorized

57 responses to “Pemimpin “Kuat” Versi Pembaca

  1. salam pak komandan,
    pemimpin yang kuat seperti gabungan dari sisi positif yang dimiliki mantan2 presiden kita ndan 😀
    tp seandainya indonesia ini ibaratnya sudah mempunyai pemimpin/presiden yang ideal, tp parlemennya isinya begundal2 gmn ya ndan ???
    salam..

  2. Salam simbah wager,kang komandan,poro sedulur @
    memang pernyataan tersebut,seolah terlihat benar mbah..tp hemat saya pribadi,.jikalau hanya pemimpin yg kuat(seperti goliat sekalipun),tanpa didukung jiwa merdeka(sprti jiwa sahabat2 nabi,atau jiwa pahlawan ’45) dari para rakyatnya,.maka akan berbalik mbah..justru mengaung kepada rakyatnya…
    Kriteria yg pas,adlh pemimpin yg punya sribu satu inovasi,tuk merubah jiwa2 orang yg dipimpinnya..
    Suwun..

  3. Salam kang lesung @
    nah itu dia pokok permasalahannya kang,.
    Apabila jiwa2 rakyat sudah berjiwa merdeka(cukup 51% saja),.maka otomatis muncul pemimpin ideal tsbt,perlambang dari sugesti rakyatnya…
    Rahayu..

  4. dewi

    @ Simbah, Komandan, Lespi3t, Nurkahuripan, All

    kayaknya istilah ‘macan’ asia hanya di sematkan kepada perdana mentri senior singapur Dr. Lee Kuan Yew :)…

    kebetulan saya dulu pernah membaca ulasan biografinya di sebuah surat khabar….

    dulu warga singapur itu jorok, miskin, banyak pengangguran dan juga banyak kriminal dsb… sungainya bau kotoran dan juga sampahnya kayak ciliwung, kotoran babi banyak di buang ke sungai dsb, bahkan air bersihpun masih terpaksa beli di negri tetangga, yaitu Malaysia. pokoknya baik masyarakat dan lingkungannya super amburadul acakadul…

    pertama kalau ingin mengubah masyarakatnya, ubah dulu kinerja pemerintahannya, dan Dr. Lee sadar betul itu. ia membenahi ‘mental’ pejabatnya, ia tegas, ia juga berhasil mencontohkan dirinya sebagai roll player/ model untuk di teladani rakyatnya.

    akhirnya hasilnya bisa kita lihat, masyarakat singapur mempunyai etos kerja yang tinggi namun juga di imbangi dengan hidup bersih, dan perlahan singapur juga tidak membutuhkan air malaysia karena ia bisa menciptakan air bersih sendiri, terlebih Dr Lee kerap mengkritik pejabat malaysia yang terkenal banyak korup dan suka membeli perempuan di waktu rapat sekalipun bentuk negaranya berlandaskan agama.

    ok, kembali ke nusantara… ada peribahasa: kalau mau cari pemimpin, jangan seperti membeli kucing didalam karung. terkadang penampilan luar sehat berwibawa tetapi hidupnya kayak parasit, hanya membela golongan yang bisa menguntungkan keluarga dan golongannya saja… sebaliknya terkadang penampilan luarnya berwibawa tetapi ia seperti serigala yang berbulu domba… ada juga yang kelihatannya seperti seekor kambing yang tak ada kharismanya… akhirnya ya nggak ada yang mau milih :mrgreen:…

  5. omie

    Salam Ndan, Mbah Wager, Kang Nur, Kang Lesung, JDD dan semua pengunjung.
    Waahhh… ada tulisan baru dari simbah, menarik menggelitik buat komentar.
    Menurut saya….. mmm… pemimpin sebaiknya atau ideal:
    1. Bisa menjadi apa saja, jadi harimau-kucing-semut-ibu/bapak-kakek/nenek. (biso mancolo-rupo)
    2. Tahu “empan” dan “papan” yang paling tepat tergantung si- kon yang dipimpinnya (rakyat), si-kon tantangan saat ini maupun masa mendatang. (biso manjing ajur-ajer)
    3. Tahu tujuan/arah dan jalan yang harus ditempuh serta paham risiko/mara-bahaya saat di jalan.(mangerti jantraning lelakon)
    4. Tahu mesin kendaraan yang digunakan (birokrasi pemerintahan) dan cara efisiensi kerjanya.(mangerti jantraning cokro)
    5. Tahu dan mampu mengelola sumber daya manusia dan alam.(mangerti jantraning alam).
    Sementara itu saja syarat yang paling utama.
    Maturnuwun.

  6. kang omie @ hha,.benar itu kang,.apabila sdg brbicara dgn macan dia menjadi macan,bila sdg brbicara dgn kambing dia menjadi kambing,apabila sdg brbicara dgn smut,dia akan menjadi smut,dan apabila dia sdg brbicara dgn Tuhan,dia akan menjadi Tuhan..huahaha,,

  7. js

    Salam dan selamat malam…….

    Ikut membaca dan belajar…..

  8. omie

    Lhoohh… ada kang JS… ngapunten kang, ini cuma angan-angan orang kecil yg ingin bapaknya orang yg serba bisa mrantasi gawe.
    hehe, suwun kang Nur…. ada yg nggak boleh…. sewaktu menghadapi para maling/koruptor tak boleh ikut jadi maling/koruptor wkkkk.

    • omie

      oh… ada yang ketinggalan.
      Syarat yg paling utama agar jadi pemimpin kuat/tangguh yaitu niat yg kuat untuk ngayomi dan mensejahterakan warga yg dipimpinnya.
      Tanpa niat tersebut maka 5 kemampuan diatas justru akan menjadikannya diktator bertahun-tahun.
      Nuhun.

  9. js

    Salam damai dan bahagia……

    Pemimpin yang bisa memegang amanah yang sangat besar , pemimpin yang seperti meniadakan diri dari ego dan hasrat nafsu jasad dirinya….

    Pemimpin yang meniadakan atau memfanakan dirinya dan mengedepankan atau mewujudkan sifat sifat Tuhan….sifat dari Tuhan yang sudah sangat jelas maksud dan tujuan yang akan ditempuh dan diraih demi alam dan manusia…

    Pemimpin yang bersifat seperti sifatTuhan dan sifat alam semesta…sifat yang tidak memihak dan tidak lebih mementingkan golongan tertentu…..
    Pemimpin yang lebih tahu dan lebih mengerti tentang arti lawan dan kawan..memahami tentang hakekat perbedaan dan persamaan….

    Perbedaan dan persamaan adalah hal yang dari dulu sampai sekarang tetap saja ada….buruk dan baik yang selalu mengiringi hidup dan kehidupan , sebagai isi dari dunia nyata dan tidak nyata….
    Perbedaan yang bernilai hal yang baik dan hal buruk dan baik diharapkan sebagai pelajaran dan diambil hikmahnya agar manusia lebih mengerti dan memahami banyak hal yang berujud beda…perbedaan sebagai isi dari alam semesta , perbedaan demi berlangsungnya hidup dan kehidupan…..

  10. omie

    Salam Kang JS, Komendan, kang Nur, simbah, dan semuanya.
    👏 ✨ ✨ Horeeee…. 😃✨🎶😚suit…suit…🎶 👍 tulisan yg betul-betul 👍 kang JS.

  11. lesungpipi3t

    salam romo js, kang nur, mbak dewi, kang omie..

    ……………pemimpin yang seperti meniadakan diri dari ego dan hasrat nafsu jasad dirinya….
    ————————————————————————————–
    apakah keinginan memimpin termasuk dalam ego/hasrat nafsu jasad (diri) ?
    jika seperti itu pemimpin yg ideal tsb akan dipaksa oleh keadan (keadaan yg akan memaksa didirnya untuk memimpin) ?

    • js

      @ lesungpipi3t…salam rahayu….Den OM…JDD….Mas Nurkahuripan…sedoyo sedulur….

      apakah keinginan memimpin termasuk dalam ego/hasrat nafsu jasad (diri) ?
      jika seperti itu pemimpin yg ideal tsb akan dipaksa oleh keadan (keadaan yg akan memaksa didirnya untuk memimpin) ?
      ——————————————————————————————

      Di Negeri ini biasanya seorang pemimpin di daulat oleh sistim dan hukum Negara dan tentunya para calon pemimpin biasanya daftar dan mengajukan diri….

      Para calon pemimpin yang juga disarankan atau mungkin dipaksa oleh partai politik , mereka anggota partai tersebut….

      Siapa yang akan mengetahui bahwa para capem itu adalah bukan seorang yang ambisius dan ego demi diri dan golongan nya sendiri….

      Siapa yang tahu jika para capem itu adalah benar benar seorang pemimpin yang adil lurus dan bijak…..

      Sudah sering kita dengar dalam berita bahwa begitu banyak para pemimpin berjalan serong kanan dan serong kiri….ratusan kepala daerah ternyata dituduh telah korupsi….

      Apakah disuatu saat nanti ada seorang pemimpin yang bersifat dan berperilaku / berpola pikir sebagai wakil Tuhan..diangkat oleh rakyat , lalu bagaimana rakyat tahu bahwa ” Beliau ” adalah benar benar sangat mampu dan pantas sebagai pemimpin , sebagai wakil rakyat atau presiden tanpa ikut berpartai dan berpolitik ??….

      Pergulatan dan persiapan menyambut pemilu dan pilpres sudah mulai ramai dan para pesertanya adalah manusia pemain lama dan mereka bagi saya dan banyak rakyat adalah para manusia yang berkwalitas tidak jauh beda dengan yang lain , sebagai pemimpin dan pejabat yang sedang diterpa dengan jeratan hukum atas perbuatan penyelewengan jabatan / amanah……Nuwun…

  12. om

    🙏Salam kang Lesung, kang JS, kang Nur, simbah, komendan.
    📩📝 yang👍👍👍👍👍 kualitas🌟🌟🌟🌟🌟 dilokasi👣👣👣👣👣.

    📝💡kang JS: Pemimpin amanah: pemimpin yang meniadakan diri dari ego dan hasrat nafsu jasad dirinya, mewujudkan sifat sifat Tuhan.
    📝⛳kang Lesung: Pemimpin ideal: pemimpin yg tidak punya ambisi pribadi tapi karena dipaksa oleh keadan (keadaan yg akan memaksa dirinya untuk memimpin).
    📝🎯kang JS: Pemimpin di daulat oleh sistim hukum negara (melalui aturan resmi/sah), jalur resmi saat ini balon pemimpi diajukan oleh parpol (atas hasrat diri atau hasrat parpol kita tidak tahu). Fakta saat ini banyak pemimpin daerah (dipilih melalui aturan resmi yaitu diajukan oleh parpol) yang ternyata korup.
    _____________________________________________________
    🍻toas🔓(🔒🔑): Mekanisme resmi pengajuan balon pemimpin melalui jalur resmi sepertinya menyuruh kita memilih 🐱dalam💰 sehingga rakyat kita yg “kepepet💰” akhirnya memilih balon yg 💰💰💰💰💰…..😜 hasilnya yg dalam karung ternyata 🐰🐮parpol atau 🐍 atau🐙 atau🐗… belum ada yg isinya🌻🌻🌻🌻🌻 soalnya yg milih dan memasukkannya dalam karung adalah parpol.

  13. om

    🙏Salam Eyang Wager.
    Maaf ngirim📩📝 topik 📖klosobedah:Pemimpin Kuat Versi Pembaca.
    kalau boleh usul topik kata Kuat diberi tanda “Kuat”…. karena bangsa kita senang mengotak-atik kata sehingga satu kata punya banyak makna.
    Perspektif “Kuat” dalam sudut pandang pemimpin= stabilitas kekuasaan.
    Perspektif “Kuat” dalam sudut pandang rakyat = mengakar di hati rakyat.
    Perspektif “Kuat” dalam sudut pandang negara tetangga= “warning (tanda bahaya)”
    Ngapunten Eyang.

  14. om

    🙏Salam Sejahtera.
    Suara🐯 atau 🐑 tidak penting…. jadi tak perlu membuat 🐑 bersuara🐯.
    Lebih penting membuat 🐑 punya kekuatan🐯.
    🎧♪♫♬♩♪🐤.

    • om

      Tambahan.
      Yg diperlukan rakyat adalah pemimpin yg melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
      melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
      Hal diatas adalah Sumber dari Segala Sumber Hukum NKRI.
      Kewajiban Mahkamah Agung adalah menyeret pemimpin yg melalaikan tugas diatas untuk dilengserkan dan dipidanakan.
      Hayooo….. siapa berani jadi pemimpin NKRI?

      • om

        wah… salah ketik… pemimpin yg tidak melalaikan… mohon bantuan Admin untuk menghapus kata tidak sehingga berbunyi: ….menyeret pemimpin yg melalaikan tugas diatas untuk….
        Matursuwun.

        (Kesalahan ketik sudah di diperbaiki sesuai permintaan. by wager)

      • js

        Sala Den Mas OM……

        Kalimat diatas adalah kalimat dari pembukaan UUD 45 dan hakekat dari isi UUD 45 itu sendiri, dimana kalimat tersebut adalah ” Wahyu ” dari Tuhan YME…..kalimat sebagai pengingat untuk para Pemimpin dan penyelenggara NKRI…kalimat yang juga harus difahami oleh rakyat / warga negara…..

        Siapa yang menanam maka dia yang akan menuai ….Qisos timbangan semua perbuatan atau karma pastilah terjadi …
        Tuhan Maha Kasih dan Sayang dan juga Maha Pengadil atas kesalahan manusia….Tuhan mengadili dan menghakimi manusia atas dasar agar manusia itu bisa untuk mencapai kebenaran dan jalan yang lurus….

        Kepada manusia yang sudah salah dan sudah mati maka Tuhan pula yang akan memberikan pelajaran dan pengampunan dengan cara yang tidak diketahui manusia ,karena hakekat hidup dan kehidupan alam semesta hanya Tuhan yang tahu dan manusia amat sangat sedikit ilmu / pengetahuan untuk mengetahui tentang itu…. Nuwun

      • om

        🙏Salam Kang JS, simbah, kang Nur, komendan.
        Betul kang, seharusnya hal tersebut menjadi prioritas pertama sehingga penyusunan RAPBN harus disesuaikan dg tujuan mendirikan NKRI.
        Evaluasi pertanggung-jawaban pelaksanaan RAPBN dilakukan tiap akhir tahun anggaran dan kepala negara harus membuat laporan kepada rakyat.
        Kenapa sejak revormasi, hal tsb menghilang?

  15. wager

    @ Kang JS, Kang Nur, JDD, Omie, Lesung Pipiet dan sedulur semua,

    Terima kasih untuk komentar2 yang telah ditulis. Kita semua memimpikan memiliki pemimpin yang baik, kuat, cerdik dan juga bijak. Namun sampai sekarang pemimpin idaman itu belum juga muncul.

    Saya sendiri percaya, pemimpin yang “kuta” harus diciptakan, salah satunya dengan pendidikan. Jadinya pemimpin yang lahir lewat jenjang pendidikan akan bisa dijamin stok dan ketersediaannya. Pemimpin bisa jadi muncul lewat proses alami namun ibarat pemain bola, tetap saja harus dibina, dipoles dan dilatih, terlebih lagi di zaman yang kompleks seperti sekarang.

    salam

    • omie

      🙏Salam Mbah Wager.😄
      Setujuuuuuuu…..

    • brang wetan

      Salam hormat dan selamat pagi…….

      Saya sendiri percaya, pemimpin yang “kuta” harus diciptakan, salah satunya dengan pendidikan. Jadinya pemimpin yang lahir lewat jenjang pendidikan
      ——————————————————————————————-

      Setuju dengan pendapat itu karena seorang pemimpin memang harus energik , cerdas , tanggap , kreatif , imaginer dan lain lain yang positif…..maka pendidikan model bagaimana yang harus dikantongi seorang pemimpin yang handal demi rakyat selain pendidikan formal ??…….rahayu

      • wager

        PENDIDIKAN MODEL APA YANG DIPERLUKAN?

        01. Masyarakat macan (cendrung) akan melahirkan pemimpin macan

        Dimasyarakat yang memiliki budaya desiplin dan kerja keras maka akan melahirkan pemimpin yang juga desiplin dan pekerja keras. Di masyarakat yang memiliki budaya korupsi maka akan melahirkan pemimpin yang juga korupsi. Di masyarakat yang tidak terbiasa tertib akan melahirkan pemimpin yang juga tidak tertib dst.

        02. Di masyarakat binatang yang sejak kecil diajarkan toleransi dan kemajemukan (cendrung) akan melahirkan pemimpin yang juga toleran.

        Di waktu kecil, simbah memelihara anjing dan kucing yang sangat akur. Kuncinya adalah pendidikan. Nah, kalau binatang saja bisa akur, kenapa manusia justru sebaliknya?

        Jadi model pendidikan macam apa yang diperlukan untuk melahirkan pemimpin yang “kuat”? Jawabannya menurut saya adalah pendidikan etika dan budi pekerti karena peermasalahan terbesar negeri ini adalah hilangnya etika dan budi pekerti para pemimpin. Kalau pemimpin sudah kehilangan etika dan hanya sibuk mengejar jabatan dan kekayaan, kemajuan apakah yang bisa kita harapkan?

        Etika dan budi pekerti juga bisa diajarkan lewat pendidikan agama. Namun seperti yang sudah saya tulis di atas, di negeri agamis cendrung akan melahirkan model pemimpin agamis.

        Apakah pemimpin agama akan bisa membawa negeri ini ke arah kemajuan ekonomi, kemakmuran serta keutuhan negeri? Entahlah, jawabannya kembali ke masyarakat. Kalau masyarakat menjalankan agama hanya sebatas iman, dogma dan ceremonial maka pemimpin agama yang dilahirkan juga sebatas pemimpin iman dan negaranya juga hanya sebatas negara ceremonial.

        Ah, hanya sekedar pendapat. salam

      • omie

        🙏Salam Eyang Wager, 📩📝🎯
        Rakyat 🐯 melahirkan pemimpin 🐯
        Rakyat 🐸 melahirkan pemimpin 🐸
        Rakyat 🐭 melahirkan pemimpin 🐭
        Rakyat 🐒 melahirkan pemimpin 🐒
        Rakyat 🐍 melahirkan pemimpin 🐍
        Rakyat 🐤 melahirkan pemimpin 🐔
        Rakyat 👡 melahirkan pemimpin 👠
        Rakyat pintar dan bijak melahirkan pemimpin yang pintar dan bijak.

      • dewi

        @ Wager,

        Setujuh dengan ulasan simbah, karena so detil and mengena, maka I`m speechless, tapi saya hanya bisa kasih tanda jempol aja :)…

  16. warga

    salam semuanya…

    ijin nyimak….

  17. Salam simbah,kang js,kang omie,mbakyu,poro sedulur semua @
    komentar2 menurut sedulur semua,benarlah pemimpin yg benar benar benar,atau pemimpin yg baik dan benar…
    Kita adalah bagian terkecil dari pengupayaan pemimpin di negeri ini,.namun pengetahuannya,pengetahuan yg benar…
    Maka itu mbah,,pasti kelak akan datang pemimpin yg kt maksudkan…karna kita semua yg memanggil…

  18. omie

    🙏Salam Eyang Wager, komendan, kang Nur, kang Warga dan kang Sabrang.
    Sekedar 📩tautan 📖🎓kepemimpinan.
    http://www.leadershipeducators.org/resources/documents/jole/2011_winter/moore_odom_wied_2011.pdf
    https://www.sesp.northwestern.edu/images/File/SLM_paper.pdf
    Mari kita saling asah.

  19. omie

    📩🔝http://www.rtuni.org/uploads/docs/Distributed%20School%20Leadership%20alma_harris_2008.pdf

  20. omie

    Salam Eyang Wager, Kang JS, Kang Nur, JDD, kang Warga.
    Contoh pemimpin yang betul-betul kuat mengakar di dada rakyat karena berhasil memproklamirkan NKRI, kuat dipandang dari dunia internasional karena berhasil menyatukan Asia-Afrika …. cuma bung Karno.
    Apa betulll?

  21. js

    Salam damai dan selamat tengah malam……

    Apakah ada dari Panjenengan semua pernah mendengar tentang piagam yang bertuliskan ” Satria Lencana Ragil Kemuning “….

    Pertanyaan Ini saya dapatkan dari seorang sahabat yang bermimpi bertemu Bung Karno dan diberi piagam yang bertulisan tersebut…dan kebetulan saya tidak mengerti maknanya……

    Terima kasih bila ada yang berkenan menerangkan….Nuwun….

    • omie

      🙏Salam Komendan, eyang Wager, Kang JS, Kang Nur, JDD.
      ” Satria Lencana Ragil Kemuning “… weh.. belum pernah denger kang JS.
      Mungkin…. sebuah penghargaan kepada seorang kesatria yang berbudi luhur sehingga namanya harum semerbak seperti bau bunga kemuning.
      Ada legenda tentang kembang kemuning. http://dongeng.org/dongeng/hikayat-bunga-kemuning.html
      Kang JS, mungkinkah seseorang yang mendapat lencana tersebut adalah putra bungsu? dan namanya harum terkenal karena kebaikan/keluhuran budinya? dan bisa mengobati orang sakit?
      Bunga kemuning kecil warna putih dan berbau harum serta dapat untuk obat. http://id.wikipedia.org/wiki/Kemuning

    • wager

      Kang Omie memang jempolan, Ngomong2 tentang kemuning, dulu dimasa kecil, di halaman rumah kontrakan tumbuh pohon komuning tua dan besar, Sering bermain2 dibawahnya. Waktu malam sering ditakut2ti ada setan gentayangan dekat pohon tersebut. Ketakutan setengah mati, ehh…setelah besar ternyata setan kredit cicilan motor jauh lebih menakutkan……….

      • omie

        Wakakkkkkkkkk….
        eh.. 👍 eyang Wager bikin 🌺😊🌸🌷 dan 👃kembang kempis.
        Betul eyang…. setan kredit lebih menakutkan apalagi pasukannya.. para debt colector yag tak segan memukuli bahkan menyiksa yg punya utang, sedangkan yg suka tinggal di bunga kemuning itu para astral/peri yg tidak mengganggu orang.

  22. wager

    Pemimpin kuat kadang diterjemahkan sebagai pemimpin yang berani melawan, tidak mau tunduk pada asing, siap berperang dst. Anda setuju?

    • omie

      🙏Salam Eyang Wager, kang JS, kang Nur dan saudara semua.
      Berani ✊melawan, tidak mau tunduk pada asing, siap berperang💣🔫 ??
      Kita 🐔🐑🐰🐮🌾 vs 🔥🔥🔥🔥🔥 = kita jadi 🍢🍢🍔🍲🍝
      Yang terpenting bukan berani melawan tetapi disegani sehingga tak ada yg mencoba mendekte untuk kepentingan mereka, caranya? harus suka dan rajin menolong negara tetangga deket-jauh (tentunya setelah semua rakyat sudah tak perlu pertolongan lagi karena sudah makmur)… nanti kita akan punya banyak kawan-sahabat… nah itu akan membuat kita disegani.
      Jadi… yang penting adalah pemimpin yang pandai bersiasat dan berdiplomasi antar negara… bukan pemimpin yg bisanya cuma menyiasati rakyatnya.

      • wager

        Mantap Kang. Btw, ikon emotionnya akan terlihat sempurna kalau pakai browser IE atau tablet Android. Sedangkan kalau pakai browser lain seperti Chrome, icon berubah jadi kotak kotak, kayak bahasa → sandi.

      • omie

        Lhah…. gitu yah eyang… saya pakai firefox eh… saya coba pakai HP ternyata yg muncul cuma kotak warna abu-abu.
        wah… matur suwun infonya eyang.

  23. senyum

    Kata wolak waliking jaman ini sliweran di pikiran ini…… pertanyaan menggelitik bahwa dulu jasad kasar manusia dengan buah pikirannya yang mengatur bumi akhirnya beginilah jadinya.
    Tapi di era wolak waliking jaman seperti sekarang jaman edan ini… isi manusia yakni ruh juga jin juga malaikat yang sedang mengatur bumi?… pengatur bangsa indonesia adalah RUH LELUHUR BANGSA INDONESIA dst dst… mereka punya KEKUATAN MENGATUR karena suro (pendhak suro nguntapake kumoro, kumoro kang wus katam nebus dosane)… dan tahun baru ini sudah TERBEBAS… mereka dibantu sesama jasad halus… JIN dan Malaikat Allah… melakukan BERSIH BERSIH… di bumi NUSANTARA dan mereka pulalah yang mencari sosok pengelolanya atau PEMIMPINNYA?… dengan cara LELUHUR itu sendiri? aku tak tahu…

    • O-O

      Salam Kang/Ning ? Senyum.
      Hmmm… tulisan yg menark, silahkan dilanjut.
      Sementara waktu… saya hanya mampu menyimak doang.
      Suwun.

  24. js

    Salam Mas ABR…..semoga Njenengan sehat dan bahagia selalu….

    Negeri kita sedang dirundung malang , negeri yang menderita karena banyak tikus berkeliaran , makan ini itu dan tidak merasa pernah kenyang…..

    Negeri NKRI ini bisa saja menjadi negeri yang besar dan terhormat kembali , berubah karena sesuatu hal dan ajaib dan untuk mencapai itu tentunya atas bantuan dari Tuhan YME…

    Sudah saatnya para ksatria / pemimpin yang kuat untuk hadir ditengah masyarakat , berbuat untuk membenahi banyak hal …..Nuwun

    • O-O

      Amiinn…… terimakasih atas do’a cacak JS.
      Benar cak, membenahi banyak hal mulai dari yg paling kecil dan sederhana yang ada di depan kita masing-masing yang tentunya setelah merubah diri untuk mentaati berbagai aturan yg kita buat sendiri maupun yg dibuat secara bersama-sama dan aturan yg telah dikukuhkan oleh aparat. Aturan yg tidak sesuai dg perkembangan situasi dan kondisi bisa dirubah sebatas kewenangan kita masing-masing. Ikut menegur.. meneriaki para penyerobot… dimulai dari yg paling sederhana.. yaitu penyerobot rambu lalu lintas, penyeberang jalan yg tidak pada tempatnya… penyerobot trotoar dll. Selalu meminta karcis parkir pada petugas parkir, jangan naik angkot yg sedang “ngetem” dan selalu menunggu/turun di halte. Jangan ngasih uang pada peminta-minta tapi kasih makanan. Hmmm…. masih banyak hal yg bisa kita perbuat untuk kebaikan. Bagi yg sedang punya kuasa di birokrasi… mulai dari tingkat rendah sampai tinggi… permudahlah segala urusan bila memang bisa dipermudah terutama urusan dengan rakyat kecil. Bagi para pelaku usaha jasa, makanan/minuman, angkutan dll…. perlakukan tarif stabil dan konsisten.. jauhi teori ekonomi jaman sekarang yg menaikkan tarif/ongkos saat permintaan meningkat, dan banting harga bila sepi atau ada pesaing…. itu bikin ekonomi tak menentu dan sulit diduga serta bikin susah orang yg kepepet.
      Nuwun.

      • js

        Salam Mas ABR….

        PR yang amat besar bagi pemimpin negeri ini dan juga untuk poro pinter alim ulama / tokoh masyarakat untuk menjadikan rakyat taat hukum , berkesadaran , bermental dan berpola pikir benar …..tanpa kemakmuran dan keadilan maka semuanya tetap saja sangat sulit dan tidak berubah….nuwun

      • O-O

        Salam Cak JS.
        Benar dawuh njenengan cak. Mereka melanggar aturan karens kepepet dikejar kebutuhan yg semakin naik beayanya.
        Kondisi ini sudah mbundeli bak benang kusut… cara mengatasi benang kusut ? Beli benang baru….wakkkkk.
        Suwun.

  25. senyum

    sedulur,
    ya memang manusiawi semuanya, coba di sini iklimnya 4 musim seperti di eropah, amerikah,cina, korea, jepang wah semua pasti beda… ya atau sub tropislah, spt vietnam… manusianya pasti akan lebih struggle lebih tinggi daya juangnya… bukan atine podho gampang tugel terus golek gampange… hehehe, itulah seninya membicarakan sifat manusia dengan keadaan geografis yang meninabobokan rakyatnya turun temurun… angel tenan…

    Disalahkan ya salah, tapi kalau dilihat dari sudut pandang lain tentu bukan karena salahnya mereka sendiri jadi KEENAKAN seperti itu… la wong alamnya mendukung santai di tepi pantai banyak nyiur melambai diiringi musik mendayu datu… wis wis… kompleks tenan… lah kok pakai gaya atau sistem berkehidupannya dibuat bebas spt negara 4 musim? tentu tambah bebas keenakannya, santainya dan menang dhewekpun nambah nambah… hahaha mbuh wis… ora weruh…

    suwun hanya pendapat…

    • O-O

      Hehehe…. matur nuwun pendapat kang Senyum.
      Hmmm….. masalah sangat dan sangat komplek… engggg… mungkin karena banyaknya komplek ini- itu…. komplek Direktorat atau Departemen ini-itu… sampai yg swastapun bikin komplek pula….. wakkk…. eh…maap..maap guyonan.
      Btw…. terimakasih pendapat kang Senyum.
      Nuwun.

      • senyum

        hehehe betul betul mbah… kebanyakan komplek, coba kalau dipikir dari sejarah, tuh cina kena kerja paksa jepang hasilnya cina jadi negara maju, lah indonesia kok gak maju maju.. jalan di tempat.. sibuk mbingungi karepe dhewek.. brarti kebanyakan kompleknya… eh hanya pendapat saja loh… hehehe guyon mbah..

        Suwun

      • Jalan ditempat, ah itu masing mendingan dibanding jalan ………………..mundur. Jadi ya harus tetap ……………….bersyukur. (*cekikikan)

      • senyum

        Memang harus disyukuri nikmat yang ada, hikmahnya makin mundurnya bangsa indonesia yang kemaren, adalah disaat negara lain sudah maju dan akhirnya jalan di tempat bahkan berhenti, sekarang waktunya negara indonesia maju grakk, mari bersyukur atas perlambatan geraknya sebelumnya… kalau dulu indonesia sudah ikut maju seperti cina bisa jadi sekarang ikut berhenti grakk… ya betul harus bersyukur apa yang ada… mesakke… wong wis jadwal nya loh untuk maju… gak perlu ada sedu sedan itu… yang ada hanya mobil sedan.. ehh kapal laut ding yang utama… wkwkwk

      • senyum

        senengane leluhur nusantara kuwi… koyok film film… lakon menang keren (terakhir)… hasilnya diharapkan sebagai film keren (box office) hihihi

  26. O-O

    Salam Kang Senyum, Kang Wager, Cak JS and all.
    Langkah maju…. atau jalan ditempat bahkan langkah mundurpun asyiek dilihat bila dilakukan pada saat yg tepat.

    Nuwun.

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s