Misteri.

MisteriMisteri adalah kata yang digunakan terhadap sesuatu “kejadian/ event” yang sudah terjadi tetapi tidak diketahui secara pasti “What” – “When” – “Where” – “Who” – “Why” – “How” (5W+1H).

Besaran suatu misteri tergantung dari berapa banyak orang/audience yang ingin mengetahuinya. Nilai “besaran” suatu misteri… inilah tolok ukur nilai suatu misteri bagi media masa. Contoh gambar diatas, bila tak ada yang ingin mengetahui (5W+1H) maka gambar tersebut tidak dianggap sebagai misteri sehingga tak ada nilainya bagi media masa.

Misteri yang paling besar nilainya saat ini bagi orang Jawa khususnya adalah “Misteri Satrio Piningit, Ratu Adil”, “Budak Angon” bagi orang Sunda serta bagi bangsa kita adalah “Dana Amanah/Revolusi”.

Hal yang sama (5W+1H) dapat pula digunakan untuk menilai karakter bangsa atau etnis tertentu atas sikapnya terhadap misteri tersebut.

So…??

15 Komentar

by | 17/11/2013 · 1:58 pm

15 responses to “Misteri.

  1. omie

    Salam Komendan, kang Nur, Simbah.
    Bagaimana analisis komendan tentang “Misteri Penerbangan MH370”? ulasan dari media masa “liar” kemana-mana.
    Maaf ndan, topik ini lebih menarik daripada politik.
    Terima kasih ndan.

    • Kang Omie, nama yang bagus. Kalau dalan bhs jepun, Mie itu berkonotasi keindahan atau kecantikan dan O artinya besar. Jadi Omie terjemahan abal2 artinya keindahan yang tiada tara.

      Hilangnya pesawat Malaysia, benar2 suatu misteri. Susah dipercaya, di zaman sekarang ada pesawat hilang segede gajah tapi tidak terlacak.

      • dewi

        kalau menurut pak Habibie, pakar pesawat, kemungkinan pesawat yang hilang itu meledak di udara…

        tapi kalau menurut kakek ini, kemungkinan pesawat itu terbang tepat di bawah awan yang seperti lubang hitam, sehingga ia di hisap oleh black hole itu… kemungkinan lainnya ia di culik oleh makhluk aliens… pokoknama semuanya serba MUNGKIN…

      • Mungkin juga disembunyikan oleh bidadari bertanduk.

      • dewi

        mungkin disembunyikan di balik kain seweknya si bidadari itu ya mbah?… makanya para dukun silau… nggak berani lihat… o sraaaam… xixixixixi…

  2. omie

    Salam Eyang Wager, JDD, Komendan.😳 Matursuwun Eyang Wager telah menterjemahkan id saya yg luarbiasa:mrgreen:
    mmm mungkin disembunyikan peri atau orang buni seperti terawangan dukun Malay ?. … eh… bidadari bertanduk kata simbah?…😆
    Bagaimana komen komendan?
    Kalau meledak di udara akibat bocoran bahan bakar tentunya pilot/co masih sempat memberikan sinyal darurat… seperti yg terjadi pada Adam Air yang meledak 3 kali diudara.

  3. Cu Lun

    Permisi, salam perkenalan buat admin dan pengunjung.
    Misteri MH370 bikin sakit kepala, apalagi tayangan ini:

    • senyum

      Sedulur… Opo iku? oooo… perawat segede itu sekalian isinya hilang (tak tampak)… kok bisa ya?… hmmm mungkin dicuri wewe gombel.. itu mungkin loh yah🙂 wah tak bisa mikir deh… ikut prihatinlah… sambil garuk garuk kepala kok bisa ya? duh secara akal dan tehnologi yang ada belum sampai ya?1000 satelit di atas bumi mencari tak bisa menemukan… mungkin akan bisa ketemu kalau memakai cara mencarinya dengan kacamata 3 dimensi atau 4 dimensi… bahkan lebih…

    • Salam kenal juga untuk Sdr Cu Lun,
      Semoga betah.

  4. omie

    Salam kenal juga kang Cu Lun.
    Hiii… serem kiriman videonya kang. Semoga tidak terjadi hal seperti itu… kalau terjadi PD III antar para gajah, kita bak pelanduk mati di tengah-tengahnya.

  5. Cu Lun

    Makasih sambutannya bang Omie, bang Senyum, bang Wager.
    Menyikapi misteri ini sepertinya serba susah, kalau menolak teori konspirasi atas pembajakan MH370 serasa sepertinya mengharap kecelakaan.
    Mungkin sebaiknya berdoa semoga kejadian tersebut membawa berkah kerukunan antar semua bangsa dan negara. Apabila benar ada konspirasi, semoga pelaku konspirasi jahat dan negaranya ditimpa bencana.

  6. o-o

    Salam kenal Bung Cu Lun, terima kasih telah mampir dan melayangkan komentar yang sangat bijak.
    Salam Kang Omie, Kang Senyum, kang Wager dan saudara semuanya.
    Mohon maap terlambat merespon komen.

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s