Siklus Kehidupan.

Kehidupan berputar sepanjang zaman.

life circles Semua makhluk mendatangkan manfaat. Sebatang pohon pinus, sewaktu hidup membawa manfaat konservasi tanah dan air bahkan sewaktu sudah matipun masih bermanfaat batang pohonnya…. serta biji buahnya akan meneruskan manfaat pohon induknya, demikian terus silih berganti ke generasi penerusnya

Apakah kita juga?

Manusia, sebagian ada yang tidak membawa manfaat bagi orang lain apalagi bagi lingkungan alam bahkan merugikan orang lain juga merusak alam.

Tindakan apakah yang membawa manfaat tertinggi dan tak terlupakan?

1. Penyelamatan Kehidupan.

SOS

save them

2. Pengamanan Sumber Kehidupan.

Bersambung.

31 Komentar

Filed under Uncategorized

31 responses to “Siklus Kehidupan.

  1. Salam kang komandan 0-0,poro sepuh&sedulur semua @

    itulah arti sesungguhnya “manusia”,..
    Binatang sudah benar selayaknya mereka menjadi binatang,,
    syetanpun sudah benar selayaknya mereka menjadi syetan,.
    Tapi manusia,,.apakah para manusia masa kini benar selayaknya mereka menjadi manusia..?

    Mudah2an kita semua disini dalam golongan “manusia” dan berupaya memanusiakan manusia…

    Rahayu,,.

  2. Salam kang komandan 0-0,poro sepuh&sedulur semua @

    itulah arti sesungguhnya “manusia”,..
    Binatang sudah benar selayaknya mereka menjadi binatang,,
    syetanpun sudah benar selayaknya mereka menjadi syetan,.
    Tapi manusia,,.apakah para manusia masa kini benar selayaknya mereka menjadi manusia..?

    Mudah2an kita semua disini dalam golongan “manusia” dan berupaya memanusiakan manusia…

    Rahayu,,.

  3. js

    Salam hormat……

    Kita adalah manusia…..semua mahluk mendatangkan manfaat….sangat jelas….
    Mahluk yang jelek bagi mahluk lain adalah anggapan yang mungkin masuk akal karena ujud fisik yang berbeda tetapi tentang nyawa / unsur hidup apakah berbeda ??….sejelek jelek mahluk ..secara kodrat adalah bermanfaat bagi keluarganya atau para anak anaknya…..Nuwun

  4. Salam kang js @ benar itu kang js,..
    Tapi yg digarisbawahi adlh manusia,.. dlm lagu bang iwan yg berjudul opiniku,.dimuat,bahwasanya manusia itu tdk boleh sprti hewan,.yg saling menghancurkan…termasuk golongan atas,yg menghancurkan golongan yg dibawah,..
    suwun,.

    • js

      Salam Mas Nurkahuripan……

      Manusia adalah RAS yang unggul diantara mahluk hidup yang lain…..ada akal dan budi dalam diri manusia maka ketika hal itu hilang atau rusak maka manusia adalah mahluk yang sangat kejam melebihi hewan….

  5. o-o

    Salam Cak JS, Kang Nur, Kang GP, Kang Pelayan dan saudara semua.
    Benar bahwa kita adalah manusia yg seharusnya membawa manfaat jauh lebih banyak dibandingkan dengan mahluk lain, bukan hanya manfaat buat dirinya sendiri, anak-keluarga, saudara, suku, ras, bangsa, manusia saja… tetapi juga bermanfaat buat seluruh alam seisinya.
    Nuwun.

  6. pelayan

    Salam komendan dan porosepuh yang saya muliakan…

    Bener komendan….semua diciptakan ada tujuannya masing2….sebaik2 manusia adalah manusia yang paling banyak mendatangkan manfaat buat orang lain dan lingkungan sekitarnya….

    Mohon maaf jika jarang komen dikarenakan saya merasa baru tahapan belajar jadi lebih baik saya jadi penyimak, daripada banyak komen malah ditakutkan mendatangkan kemudlaratan…semoga ilmu dan pengalaman yg porosepuh sharing bisa mendatangkan banyak manfaat buat orang lain termasuk pada saya….aamiiin

  7. pelayan

    Ah komendan bisa saja…

    Saya lagi merasakan duka alam dan bumi lagi menyambut salah satu makhluk ciptaanNYA yang terbaik kembali keharibaanNYA…bahkan anginpun seakan berhenti berhembus…cuaca yg biasanya mengamuk, hening seharian….semalam purnama sempurna, langitpun terlihat jernih….saya baru menyadari subuh tadi….tribute buat ustadz uje….

    • binun jeer

      beberapa orang memandang suatu keadaan dengan cara yang berbedatetapi dengan pemahaman yang normal, tetapi ada beberapa orang yang memandang suatu keadaan dengan pemahaman terbalik bahkan extrim.

      seperti hening tadi malam, saya mencoba memahami 2 hal bertolak belakang yang minta diperjelas pemahamannya, agar semakin laju langkah dan tidak zigzag.

      Seorang teman berkata dalam canda.
      (Ah… kawanku ni bagaimana pula, Semua dosa yang telah kita lakukan bila kita yang melakukannya bisa silent dan orang-orang yang mengetahuinya juga silent, maka dosa itu bukan aib, tetapi cobaan untukmu.

      Bagai mana pula kau ni nak(hendak) cakap(katakan), cepatlah bertobat ni hari. esok bila berlaku lagi, malam minta ampunan lagi, sedap jeer)

      dan seorang teman berkata dalam telernya minuman (mabuk habis minum kecap merk RED DRAGON)
      ( Kita ni manusia punya daya dan upaya. Berusaha dan terus berusaha. hari ni belum dapat ampunan, besok di coba lagi, besoknya lagi, besoknya lagi. kalau belum juga dapat ampunan. matilah kau dalam dekap dosa yang terpuaskan)

      Blero mata saya memandangnya, hingga saya tanpa sadar telah tertidur sambil duduk dengan iler di pipi dan dada

  8. o-o

    Salam Kang Pelayan, betul kang….. kita ikut berduka, merasa kehilangan.
    Beda cuaca di tempat saya, pkl 01-02 angin sangat kencang bertiup dan pkl 02-03 disertai kilat-geledek dan hujan sangat deras.

  9. Salam komandan 0-0,kang js,kang pelayan,poro sepuh,sedulur semua @

    berbicara tentang siklus kehidupan,.ada satu hal yg sangat ingin sy ketahui,,yakni “waktu”,..
    Karna menurut kami tiada waktu kecuali,aktivitas segala sesuatu…
    Sehari itu cuma,bumi muter sekali,sebulan itu cuma bulan muter bumi sekali,setahun lah bumi muter matahari sekali..berarti dimanakah hakikat waktu itu sendiri..?

    Siklus kehidupan itu adlh puzzle2 dari hakikat waktu,.termasuk pergerakan diri kita dari dahulu hingga sekarang..bukankah semenjak azali(loh mahfuz/puzzle2 itu),semua sudah ADA aturanNya..?

    Lantas,,apakah itu waktu..?
    Saya punya pengalaman,pernah sekali di tahun 2008/09,.waktu seakan berhenti…jika mungkin sedang hujan,.sy yakin,pasti hujan akan berhenti…tapi,tidak sampai satu detik itu terjadi…

    Mohon pencerahan,..apakah itu..?

    Benarkah itu adalah “waktu” karena alam semesta itu hakikatnya diam,dan dia “bangun” ..??

    Rahayu,..

    • o-o

      Salam Kang Nur Cak JS, Kang GP, Kang Pelayan and all.

      Maap, sekedar berbagi pendapat berdasar pengamatan dan pemahaman.

      Waktu (Time) merupakan dimensi ke 4 sedangkan dimensi ke 3 adalah dimensi ruang dan dimensi ke 2 adalah dimensi bidang. Dimensi ke 4 ini terbagi 3 yaitu masa telah lalu (past), saat ini (now) dan masa depan (future) dg tolok ukur “satuan” yaitu 1/sekian detik, detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, abad, sampai yg paling lama (panjang) adalah satuan tahun cahaya. Kita semua berada pada dimensi (waktu) yang sama, sehingga para ahli jaman dulu membuat persamaan waktu yaitu GMT.

      Selain arti dimensi, waktu juga punya arti lain yaitu “masa pakai (lifetime)”. “Lifetime” ini sudah ditentukan oleh “pembuatnya”, misalnya masa hidup (lifetime) sebuah produk bohlam lampu merk “A” 2400 jam pakai dan bohlam merk “B” dg lifetime 4800 jam. Apabila keduanya dipergunakan terus menerus dalam waktu bersamaan maka bohlam waktu merk “A” akan mati setelah 100 hari sedangkan merk “B” masih akan bertahan hidup 2400 jam (100 hari) lagi. Tetapi bila cara penggunaannya berbeda, bohlam merk “A” hanya dipakai 12 jam sehari sedangkan bohlam merk “B” dipakai 24 jam sehari maka bohlam merk “A” dan merk “B” akan berbareng mati setelah 200 hari. Pada sel mahluk hidup juga mempunyai “lifetime” yang berbeda tergantung jenis/spesies-nya.

      Barangkali cak JS bisa menambahkan…… kan beliau ahli bidang elektronik… tentunya masing-masing merk berbeda keawetannya bahkan tiap jenis organ/komponen juga berbeda “lifetime”nya meskipun merk sama.

      Nuwun.

      • js

        Salam Den Mas ABR….Mas Nurkahuripan……..

        waaah….saya sangat jauh dari kemampuan atau pengertian soal diatas……

        Sepertinya semua benda ujud ( termasuk mahluk hidup ) sudah disetting model bentuk kemampuan dan juga fungsi dan umurnya……
        Waktu seperti / ibarat alur obat nyamuk yang sedang dibakar dan disuatu saat nanti bara api dan asap serta ujud obat nyamuk hilang menjadi debu / berubah partikel , itu contoh tentang gambaran pengertian takdir waktu…
        Semua benda tercetak sesuai dengan pesan ” AWAL ” yang sudah terkandung didalamnya….contoh.terbentuknya bayi dalam kandungan…semua terbentuk atas pesan DNA yang berasal dari bapak / sperma dan Ovum dari Ibu ….terbentuk sesuai ” pesanan / master plan “….ini yang mungkin disebut sebagai ” Takdir “……lalu bagaimana pesan atau takdir dalam keadaan yang lain atau cerita / lakon hidup ….kita sebagai diri yang sudah ujud dan hidup menjadi apa dan siapa ….baik atau buruk…bermanfaat atau merugikan …dan lain lain ??…pasti mumet dan kliyengan jawabnya…he hhe…

        Kita semua pasti bingung tentang waktu atau ilmu menembus ruang dan waktu dan sepertinya para pakar orang pinter mempelajari dan mencari celah untuk bisa menembus ruang dan waktu itu….apakah itu adalah misteri ” Black Hole ” ???……dan sepertinya dalam dunia dimensi gaib ternyata black hole itu ada juga dalam diri manusia……ada juga gambar black hole ditangan yang susah untuk dilihat atau ditembus gambarnya….ternyata dalam diri manusia juga ada gambar gambar seperti bentuk mulut gua….hitam pekat dan tidak bisa ditembus…..

        Ada juga cerita lain tentang waktu dan alam gelap hitam sangat pekat….tidak ada ujungnya meskipun ditempuh sepanjang waktu…lalu alam apakah itu ??….ada larangan untuk masuk kedalamnya……

        Mohon maaf…ngomong nglantur…..tapi semua itu adalah pandangan gambar yang kami terima…embuh ora weruh pastinya ….Nuwun….

  10. js

    Ada cerita yang mungkin sangat unik dan aneh dan ini ada hubungan dengan waktu…….

    Seorang teman ada hajatan tahlil keluarga….bikin kue apem dan ditaruh diatas baki ..diletakan diatas meja…baru mateng dengan asap mengepul.tapi kue itu hilang dan terjadi sedikit keributan soal itu….dicari cari tidak ketemu…

    2 hari atau 1 minggu setelah kejadian ( lupa pastinya )…apem itu tergeletak ada lagi diposisi semula…dengan keadaan yang masih mengepulkan asap …..bagaimana untuk menjawab tentang ini ??……

    Lalu bagaimana para sepuh bisa meramal sesuatu keadaan tentang masa depan….pertanyaan yang bikin mumet…apakah masa depan dan isinya sudah ada tercetak ??….kalau benar sudah ada …lalu kita hari ini adalah siapa dan diri kita yang disana sedang apa ??….waah kita seperti berjumlah jutaan…kita menempati setiap garis takdir sesuai alur dan cerita tentang hidup kita….

    Ada juga cerita dari seorang kerabat bahwa diri kita yang dahulu adalah ini atau itu dan ternyata masih ada ….waaah…mbingungke…….ini yang namanya spiral waktu…seperti keterangan para pakar ilmu……

    • js

      Dimana pindahnya apem itu ??…..kembali dengan waktu puluhan jam….dalam keadaan kue yang masih hangat / ada asap……mereka hanya mengatakan…dicuri oleh jin…..jin usil ??…benarkah atau ada maksud lain ??….

  11. js

    Mas ABR…kalau dipikir dan dicarikan perumpamaan…hidup kita / manusia / mahluk seperti data atau file bentuk digit kode biner….ada dan tiada…..seperti data digit ada dan tiada 0 1 terbentuk dan terpola dengan frequensi sangaaaat tinggi dalam keping CD…..seper mikron detik menampung pola gambar dan suara……ada lagu…gambar dan lain lain….

    Sepertinya semua ini hasil karya dan permainan BIG BOS / Tuhan YME yang harus disembah dan diakui oleh semua mahluk / manusia….Tuhan yang Maha Besa……. kuasa atas segalanya……Nuwun……….

  12. pelayan

    Salam kang nur dan porosepuh…

    Semua yg bergerak atau hidup itulah waktu….waktu tidak bisa dimundurkan, atau dihentikan, yg bisa dilambatkan…..perlambatan waktu tergantung dari kecepatan gerak kita….kita tidak bisa kembali pada masa lampau, yg bisa kita lakukan cuman melihat rekaman kejadian masa lampau….kalau waktu bisa kembali, pasti org yg telah meninggal ingin diberi kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki amalnya….

    Waktu tempuh disetiap dimensi atau alam berbeda2…dialam rahim 9 bulan waktu disisi kita….dialam dunia lebih panjang waktunya….dialam kubur lebih panjang lagi waktunya hingga menunggu kiamat…dst hingga dialam abadi atau keabadian yg berlaku waktu abadi atau tak berhingga….

    waktu disisi kita manusia lebih lambat rasanya dibanding waktu disisi malaikat jibril contohnya….1 hari disisi jibril sama dengan 1000 tahun disisi manusia, karena kecepatan gerak malaikat jibril sudah kecepatan cahaya….bahkan DIA menciptakan bumi hanya 6 hari waktu disisiNYA, padahal jutaan tahun disisi manusia….jadi hidup kita didunia jika dibandingkan dengan waktu disisi malaikat jibril sama dengan sekitar 2,5 menit saja…

    Wallahu’alam…

  13. o-o

    Salam Cak JS, Kang Nur.
    Benar Cak, pada mahluk hidup mempunyai masa hidup yg sudah ditentukan secara genetik (DNA)…. masa hidup ini mirip seperti “masa pakai” pada suatu alat misal mesin atau komponen elektronik. Sebuah mobil akan rusak tergantung cara pakainya, bila terus menerus dipakai tentu akan cepat rusak.
    Cerita tentang apem yg mengepul yg hilang setelah beberapa jam ditemukan masih berada ditempat yg sama dalam kondisi masih mengepul hangat….
    Hmmm…. hal ini kemungkinan adalah adanya perbedaan dimensi waktu, jadi apem tsb berpindah ke dimensi waktu yang mempunyai masa lebih panjang dibandingkan dg dimensi waktu kita yang selanjutnya kembali lagi ke dimensi kita. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa dan bagaimana caranya bisa berpindah antar dimensi waktu, menurut dugaan saya … adanya persinggungan antar dimensi. Tentang mahluk qoib…. ini mungkin adalah mahluk dari dimensi yg berbeda dg dimensi kita.
    Nuwun.

    • o-o

      Salam Kang Pelayan.
      Benar Kang, dimensi waktu pada mahluk qoib tentunya berada pada dimensi qoib yg kemungkinan mempunyai masa waktu jauh lebih panjang. Seperti misal sebuah “game real time” di komputer, game tsb sudah ditentukan “waktu”nya yg lebih pendek dibandingkan dimensi waktu kita karena penciptanya adalah manusia sehingga “gametime” dibuat pendek agar segera diketahui akhir dari game tsb.

  14. o-o

    Tambahan.
    Dimensi waktu dan cara perpindahan antar dimensi ini yg sangat ingin diketahui oleh para ilmuwan juga kalangan militer karena akan bisa menghilang dan muncul ditempat lain… apalagi bila tanpa harus mengendarai mesin waktu…. yaitu melalui penciptaan gerbang antar dimensi seperti pada film fiksi generasi sekarang.
    Adakah diantara poro sedulur yg pernah mengalami perpindahan dimensi ini? Mohon Share.
    Dulu, ada seorang kawan yg menceritakan pengalamannya ketika berpindah ke dimensi lain tanpa disertai badan/raganya…. mungkin hal ini sama seperti “ngrogo sukmo”, dia bercerita saat “nglakoni” dan berpesan pada saudaranya agar bila nanti dia mati tidak segera dikubur menunggu 1 minggu. Saat dia pindah alam (dimensi lain) yg hanya beberapa jam tetapi setelah dia kembali ke dimensi kita… ternyata jasad dia sudah dipocong selama seminggu.
    Ada cerita yg lain lagi, seorang saudara… dia dinyatakan hilang sehingga dicari banyak orang selama berjam-jam…. saat ditemukan… dia berada di tempat ketinggian yg tak memungkinkan dicapai tanpa menggunakan tangga dan tak ada tangga disekitar tempat tersebut.
    Dan…. hmmm… saya juga pernah mengalaminya dulu saat masih kecil (TK).
    Nuwun.

  15. Salam komandan,kang js,kang pelayan @

    benar kang,.waktu adlh misteri yg sangat sulit utk dipastikan,apakah definisi pastinya,..bgmn titik pasti,utk jiwa dan raga,… apalagi mengulas pergerakannya(siklus kehidupan bagi diri kita sendiri,dan pergerakan massa),..

    Bagi manusia,Isro adlh perjalanan mundur(nabi Muhammad SAW,beserta raganya,bukan hanya jiwanya,.ckck),,makanya beliau ketemu nabi2 terdahulu,.
    dan mi’raj adlh perjalanan maju,..beliau melihat akhir zaman,syurga dan neraka…

    Bagi manusia saat ini juga diberikan isromi’raj,.namun terbatas,.beberapa masa kedepan dan beberapa masa kebelakang…(kayaknya kang js lbh tahu akan hal ini deh,hhe),..

    Saya sempat dahulu,menemui beberapa ahli hikmah,yg memang tahu tentang beberapa hari,atau bulan kedepan..itupun ketika dipancing2,.baru beliau angkat bicara…

    Yg pasti,.siklus kehidupan dibumi nusantara ini akan kearah yg baik,..walaupun menurut kt lbh buruk,.karna hal buruk,adlh utk hal baik…

    Rahayu,..

    • O-O

      Salam Kang Nur.
      Sependapat kang, esok pasti akan lebih baik.
      Terima kasih kang… terutama pandangan akang tentang perjalanan isromi’roj.
      Salam Cak JS…… tentang “black hole”, sampai sekarang belum ada yg paham sepenuhnya… hanya diketahui bahwa lubang tersebut bisa menghisap planet, bintang yg berdekatan dgnya. Kalau black hole pada tubuh manusia…. weh…. tak taulah cak.
      Nuwun.

  16. Salam komandan @

    hampir semua manusia,hanya jiwanya saja kang yg isromi’raj..
    Mudah2an komandan adalah salah satu daripadanya..

    Sy jg melihat black hole yg ada didalam tubuh manusia…mungkin meresapi lagunya letto,judulnya lubang dihati,.bisa sedikit mengurangi rasa penasaran komandan.
    Dahulu setiap kali mendengarnya saya pasti menangis..

    Rahayu,.

    • o-o

      Amiiin.
      Salam Kang Nur, terima kasih do’a dan lagunya letto tentang lubang di hati. Maap, terus terang saya belum bisa mencerna makna “lubang di hati”, mungkin beda pemahaman tentang hati yg merupakan organ tubuh yg berfungsi untuk mengolah bahan nutrisi…. itu menurut biologi tubuh.
      Hati… hmmm.. apakah itu sama pengertiannya dg “mind”? karena sering dikaitkan dg perasaan paling dalam mungkin sama pengertiannya dg “mind” menurut ilmu psikologi/kejiwaan.
      Nuwun.

    • pelayan

      Salam kang nur@

      Kalo saya sering nangis kalo denger lagu i’tirafnya raihan, terinspirasi dari pengakuan abu nawas :

      Ya Tuhanku, aku tidaklah pantas menjadi ahli syurga firdausMu….
      Namun aku juga tak kan sanggup masuk ke neraka jahimMU….
      Oleh karena itu, terimalah taubatku dan tutupilah dosa dosaku….
      Sesungguhnya Engkau maha mengampuni dosa dosa besar….
      Dosa dosa ku seperti hamparan pasir di laut, maka terimalah taubatku
      wahai Dzat yang Maha Agung…..
      Umurku terus berkurang setiap hari, namun dosa dosaku bertambah setiap hari…..
      Bagaimana aku mampu menanggungnya ?…..
      Ya Tuhanku, hambaMu yang berlumur dosa ini datang kepadaMU…..
      Sesungguhnya aku benar benar berdosa kepadaMU….
      Dan bila Engkau tidak mengampuni aku, kepada siapa lagi aku berharap selain Engkau ?…..

      • O-O

        Salam Kang Pelayan, Kang Nur, Cak JS, Kang GP.
        Benar kang Pelayan, bila ingat “Beliau”… serasa ingin cepet bersimpuh keharibaanNya…. tapi kayaknya…. hmmm… masih ada hal yg bisa kita perbuat agar Beliau Tersenyum Puas.
        Nuwun.

  17. Salam komandan 0-0 @ iya dalam lagu itu,maksud hati itu mind/jiwa/soul/self

    rahayu…

    • o-o

      Wehh… terima kasih kang Nur,…. hmmm… lubang pd jiwa/mind… itu yg dilakukan oleh para pelaku meditasi….. mengosongkan jiwa/mind/perasaan sehingga tercipta “black hole” sebagai jalan menuju dimensi waktu yg lain… apa begitu kang Nur.
      Suwun.

  18. Salam kang pelayan @ iya kang,itu lirik yg sungguh2 bagus…
    Kalau lagu letto itu justru lebih ke “peran” didalam kehidupan ini kang..maka,setelah mendengar lagu itu sy sprti mendapat semangat lagi…

    Kang komandan @ bisa jg seperti itu kang,..tapi yg mslh bgitu itu tdk diminati oleh orang bnyk,..mereka lebih melihat darah yg sudah keluar(cair&brwarna merah),bukan darah yg masih gaib,masih mengalir didalam tubuh…

    Suwun,.

  19. teringat saya akan kotbah Romo Cassut mengutip kebijaksanaan Tiongkok kuno : daripada memaki kegelapan lebih baik menyalakan sebatang lilin

    • o-o

      Weeehhh…… senengnya disambangi tokoh kampiun.
      Salam Kang Tommy, Selamat Datang dan terima kasih kiriman wedarannya.
      Nuwun.

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s