Satrio Piningit, Rumah & Karakternya.

Up date 21 Februari 2014.

pengantar diskusi transparan Topik kali ini mengulas “Satrio Piningit” dari segi “Karakter” dan “Rumahnya”. Pembahasan berdasarkan opini sesepuh yang sudah “banyak makan asam-garam” dan malang-melintang di dunia maya yaitu Romo Wiji Mijil atau “JS”. Beliau tidak mau menonjolkan diri, tidak membuat blog sendiri. Tulisan ini ditayangkan dari komentar beliau di “Satrio Piningit, Special Posting” ditambah gambaran ilustrasi penulis. Topik ini di terbitkan tgl 09 Maret 2013 sehingga perlu di “up dateberdasarkan perkembangan baru.

Latarbelakang

Adedukuh Pindo Pagupon Doro Tundo Tigo”. Seperti apakah itu?

SP, JS 1
SP, JS 2
SP, JS 3

tambahan karakter SP

Salam Mas ABR….ini hanya tulisan abal abal dan hasil renungan saya sendiri…..salah atau benar bukan hal baku dan bukan sebagai masalah….saya hanya mengambil hikmah dan maknanya saja tentang isi dan maksud ramalan…..sesuatu ajaran dan cita cita yang harus dimiliki dan diraih oleh anak bangsa Nusantara …untuk mengisi kemerdekaan yang sudah kita raih………. Nuwun,,,, JS.

Satrio Piningit dalam gambar

Senjata SP adalah Trisula Weda yang berarti 3 mata/bilah/bidang dari ilmu pengetahuan, terdiri dari 3 bidang “Knowledge” yaitu kepandaian/ kemahiran teoritis dan praktek lapangan, bidang “Attitude” yaitu sikap-perilaku pemilik berkaitan dengan penggunaan keilmuan tersebut dan bidang “Practice” yaitu pelaksanaan pemanfaatan keilmuan. Semua keilmuan menggunakan 3 bidang ini untuk menilai kelulusan seseorang yang sedang mencari keahlian bidang keilmuan tertentu. Tidak akan lulus seseorang meskipun dia pandai dan cerdas dan mampu melaksanakan/menerapkan keilmuannya dengan baik bila “Attitude” / perilakunya buruk karena dikhawatirkan dia akan menggunakan keilmuannya untuk tujuan buruk.

KAP Mission

366 Komentar

Filed under klosobedah

366 responses to “Satrio Piningit, Rumah & Karakternya.

  1. o-o

    Kang GP…. masih monitor?
    Pemuda gendut yg berwajah lucu dan sangat ramah…. hmmm… akang GP sudah pernah ke puncak G Lawu rupanya….. tul kang ?!

  2. js

    Mas ABR….Mas Nur…..Mohon pamit….undur diri istirahat….sangat letih mata saya….seharian dihajar pekerjaan nyolder dan menggambar….he he……silakan dilanjut…….Nuwun…

  3. Salam kang komandan @ mohon undur diri dulu ya Dan…ada sesuatu yg harus kami lakukan…

    Met beristirahat Dan,..
    Semoga sang waktu selalu mbawa keberuntungan utk kita,..

    Rahayu…

    • o-o

      Salam Kang Nur…. sumonggo istirahat kang… Amiinn.
      Eh… maap kang Nur… ternyata memang kilatnya ada di teluk jakarta.
      Selamat tafakur kang Nur.

  4. gp

    Salam kang Presiden,

    Pemuda gendut?
    Oh, maksud sy si Luthfi mantan presiden PKS hehe…

    • O-O

      Salam Kang GP….. lho… emangnya presiden PKS sering ke sini kang? kok enggak pernah komen ya.
      eehhh…. salam akang ke saya ni? wkkkkkkkkkkk…..President of ABR Cafe….wkkkkkkkk.
      Salam Cak JS, Kang Pelayan, Kang Nur.

  5. js

    Salam Mas Gamal…..pemuda gendut.??….walaaah….apa itu hanya sanepan saja ??……gambaran sosok pemimpin yang korup tidak amanah…atau jutawan yang amat sangat pelit…mentolo dan tidak membantu orang miskin…….waaah…berapa jumlah pemuda gendut di NKRI ini…??…..

  6. gp

    Salam poro sepuh.

    Yah… begitulah ndan… bermula dan belajar dr presiden blog hehe…

    Masalah pemuda gendut berawal dr sy amati lagi w siliwangi dan m jayabaya.
    Menurut dugaan sy oknum… eh… person yg diceritakan di w siliwangi ada 4 SP.
    3 Satrio Piningit dan 1 Sang Penjahat. 2 SP adalah budak angon (IM) dan janggotan (N Isa)… tempat tinggal di sby… hehe… , 1 SP lagi adalah Ratu Adil sang Pangeran Perang… the next president… dr jatim dan bermukim di jkt, kemudian Pemuda Gendut adalah si luthfi…

    Begitu analisa sy yg tidak bisa dipertanggung jawabkan haha…

    • Salam kang gp,kang komandan,kang js,kang pelayan @

      anilisa yg bagus kang gp..

      Hanya bisa mendukung..
      Hiduuup komandan…

      • o-o

        Wakakkkkk… ini memang lagi hidup kok kang Nur, sayangnya … lawannya lagi tidur ngeloni si ragil….wakakkkk.
        Salam Kang Nur.

    • o-o

      Wakakkkkkkkk….. Hohoho…. Salam Kang GP… ternyata.. kang GP mengamati dg cermat….. SP memang tepat ada di Kedungmerpati (mirip dlm gambar) ….. tapi yg satu lagi…. walaahhh…. bukankah itu yg pernah di Majene? tak usah pesimis kang… ntar disini dimuat caranya untuk memakmurkan bangsa… secara tersamar dan teracak tak berurutan… tapi saya yakin bahwa yg “ndapuk” akan paham.
      Salam Romo JS, Kang Pelayan, Cak Nur.

  7. gp

    Salam kang Nur,

    Sebuah analisa abal-abal hehe…

    Sampur sebenarnya jatuh pada pemuda janggotan tapi beliau geleng kepala sambil bilang… Lebih enak jadi presiden gaib… Kemudian sampur diberikan sama kepercayaannya, budak angon… beliaupun hanya tersenyum… mas gp, lebih merdeka begini jualan bakso saja… Maka sampurpun jatuh ke RA yg sudah siap lahir batin.
    Atas jasa2nya, budak angon dan janggotan dijadikan penasehat agung/utusan khusus dg keistimewaan boleh tidak ngantor dan tetap menekuni profesi mereka.

    Kalau kang Nur jadi konglomerat bisnis retail model koperasi… hehe…

    Maap maap… mumet kalau serius terus hehe…

    • o-o

      weehh…. bagus banget tuh…. saya bagian yg keluar-masuk kampung pasang mata-telinga-perasaan untuk memantau saudara kita yang masih belum mampu menjangkau kemakmuran…. ntar hasilnya dapat dilaporkan secara langsung pada RA lewat saluran khusus…. hehe…mimpi indah.

  8. gp

    Blog inipun sy rasakan berubah jadi blog curhat, curhat kepada…

    Mohon maaf lengser dulu ndan.
    Salam

    • o-o

      Weehh… dengan senang hati menampung semua curhat… masih selalu ada tempat… semoga masih ada ide buat memberikan solusi.
      Silahkan kang GP…. semoga mimpi indah.
      Kang Nur, Romo Js…. mohon maap… menyusul kang GP untuk undurdiri.
      Nuwun.

  9. o-o

    Nah… sekarang ganti yg serius nih poro kakang semua.
    Kunci utama adalah menyuburkan rasa aman dan damai.
    Caranya yg paling mampu kita lakukan saat ini adalah menyuburkan rasa saling percaya bahwa pada dasarnya semua orang mempunyai sifat ingin dipercaya…. sebenarnya ini sudah dipakai sebagai dasar sistem hukum kita… cuma pelaksanaannya yg tak sesuai… baru tersangka atau terlaporkan… seseorang sudah bisa diancam ditahan… nah ini menimbulkan peluang permainan.

  10. js

    Salam…..selamat pagi dan hormat saya……

    Tulisan diatas itu apakah dijadikan skenario untuk main ludruk suroboyoan atau jombangan..??…dipentaskan di alun alun……..hiburan gratis untuk rakyat kecil……ha ha ha……

  11. gp

    Salam,

    hehe… hiburan cerita gratis ben njenengan ora mumet terus, mo… sekali2 kendorkan urat syaraf.

    • js

      Salam Mas GP….piye carae ngendurke ???……lha wong perkorone lengket seperti perangko……dilupakan…sebentar muncul lagi……saya seperti maling yang diuber uber pak polisi….wakakakak…..

  12. js

    Salam hormat untuk sedoyo poro pinter dan porosepuh… ….

    Den O O…..kalau main ludruk….boleh panggil saya romo…..tapi kalau sudah buyar acara manggungnya panggil seperti biasanya…..he he….

    Cerita Mas Gamal diatas sebenarnya hanya gambar atau cerita mimpi kami saja….kenapa kami mimpi itu ???….lha ini yang tidak kami mengerti…..tidak percaya atau percaya tetap saja membingungkan…..ada bukti atau tidak terbukti….tetap saja bagi kami…yaitu membingungkan….meskipun kabar itu datang dari anak kandung si ragil…ketika sedang sakit biasanya terbuka mata batin / gaib nya lalu dia heran melihat diri saya…ketika sudah sembuh dari sakit lalu dia tanya…aku eruh onok wong aneh …rupane ambek modele mbingungno…aku gak isok nerangno…angel ngomonge pak…tapi aku kroso ngerti nek iku sampean pak….bapak iki sakjane sopo ??…..saya hanya bilang …embuh gak weruh le….bapak gak ngerti ….ojo dipikir…didelok ae…he he…..

    Cerita dari siragil memang aneh dan seperti mirip keterangan dari para teman , cerita yang hanya saya dengar saja ( masuk telinga kiri dan keluar kekanan ) dan saya tidak ada hasrat untuk membuktikan sendiri …lha wong saya tidak merasakan hal yang aneh aneh……..
    ..
    Bagaimanapun saya harus percaya si ragil karena dia masih kecil dan memang tidak pernah belajar soal ilmu aneh……mungkin saja Gusti Allah memberitahu kabar kepada si ragil yang bermaksud memberitahu bahwa bapaknya orang aneh…..he he …. ( terakhir dia melihat seperti ada sosok hitam berkerudung hitam dalam kamar / sosok yang mirip sais pengemudi kereta hitam )…….

    Saya pribadi menduga saja bahwa memang ada sesuatu terjadi dalam hidup kami tapi kami lebih mengurus dan menyelesaikan yang nyata saja….hal yang gaib biar urusan yang gaib……
    Saya lebih dan harus bertanggung jawab.menyelesaikan pekerjaan untuk persiapan pensiun dan hasil karya akan saya buatkan prototipe lalu kami kumpulkan untuk bisa diwariskan kepada yang berkenan atau yang ingin memproduksi dan tentunya harus dibuktikan tentang kwalitas dan juga harganya…..saya hanya mengharap royaltinya saja…..meskipun sedikt tidak apa apa….ha hha……Nuwun….

  13. js

    Benar Mas GP….blog ini sepertinya jadi tempat curhat….ha ha ha…..dengan guyon ini maka saraf saya sedikit kendor…..tapi kadang jadi tambah kenceng…..he he…..inilah hidup…banyak kejadian yang bermacam….

  14. gp

    Dikendorkan tidak bisa ya…?
    Kalau begitu sekalian saja setel sing kuenceng ben gek mari… Hehe…

  15. sruduk

    embeekk…😀
    maklum, wong jowo😉
    salam mengembek🙂

  16. o-o

    Salam Kang Sohib, Kang Sruduk, Kang GP, Kang Nur, Kang Pelayan, Cak Js.
    Hmmm….. maap… tentang kita yg relatif lebih kuat menghadapi resesi ekonomi karena banyak negara lain yg membantu kita melalui penanaman modal asing karena mereka respek dg dasar negara kita (UUD45 & Pancasila) … itu kata Setneg…. entah yg mana yg menggerakkan hati mereka untuk membantu… tak taulah…. hehehe….. Suwun.

  17. gp

    Salam kang ABR dan semua,

    kang ABR, maaf kalau pertanyaan sy bikin ngakak njenengan soalnya mungkin lucu, nganeh-anehi dan konyol hehe…

    Dimanakah sebenarnya makam prabu Brawijaya V?

    Suwun.

  18. Salam kang komandan,kang gp,kang js,kang pelayan,dll @

    benar Ndan,.yg aneh itu jawaban,..macam jwbn dr saya,..hhe,..
    Habis sy kalau jawab,.gak pake pikir2 panjang Dan,..langsung lihat yg ada didepan mata aja…

    Kalau sosok hitam yg bersemayam disekitar puncak gunung lawu itu siapa yah..?
    Dia udah nggregget pingin turun gunung…tp masih beberapa masa lg utk menyelesaikan ritual/tapa nya…

    Prabu brawijaya itu yg sy lihat berbadan agak gemuk,berkulit agak putih/kuning,berambut seleher bawah,wajah yg khas,dgn tatap mata kiri&kanan sngt berbeda…

    Sy lihat maqam disuatu lembah di gunung semeru,..tapi kurang tahu maqam prabu brawijaya apa bukan…

    Suwun,..

    • o-o

      Salam Kang Nur, Kang GP, Kang Pelayan, Cak JS.
      Weehhh… mimpinya belom nyampe situ kang…. entah ntar dapet mimpi lagi ngkale. Bagaimana pendapat cacak JS?
      Nuwun.

    • gp

      Salam Ndan, kang Nur dan poro sepuh.

      Awal dr pertanyaan sy adalah krn kejadian semalam yg sedang enak2nya pules kok tiba2 terbangun dan langsung ambil remote tv… Eng ing eeengg… (niru triomacan2000 hehe..) muncul acara tukul jalan2 ke ngawi.

      Di pendopo srigati ada makam yg mengeluarkan tanah tapi sy tdk jelas mendengarkan keterangan juru kunci itu makam siapa. Ada juga lukisan prabu brawijaya v oleh ki sholeh pati.

      Iseng2 sy gogling… Eh kok banyak ya makam beliau… Ada di trowulan, srigati alas ketonggo, puncak lawu/hargo dalem, ada di jateng dan malahan kang Nur bilang ada di lembah
      semeru.

      Yg sy pikir kasihan peziarah kalau salah alamat waktu nyekar.
      Kasihan juga sama beliaunya apabila tidak mendapatan pemakaman dan makam yg layak jika mengingat beliau adalah pelarian… Siapa tahu makam beliau ternyata ada di daerah terpencil dan tak terawat…

      Nuwun.

  19. o-o

    Salam Kang GP.
    Hmmm… kemungkinannya adalah para abdi/punnggawa/prajurit kepercayaan yg ditugasi menyamar sebagai beliau disertai beberapa barang yg dikenali sebagai kepunyaan beliau untuk menyingkir dengan arah menyebar…. malah kemungkinan beliau tidak membawa atribut kerajaan sama sekali…. jadi sangat mungkin ke gunung semeru seperti dugaan kang Nur.
    Nuwun.

  20. Ping-balik: SATRIO PININGIT (bagian 2), Misteri Senjata Trisula Weda | Dongeng Budaya

  21. “Rumah SP dan Karakter SP”, Topik yang menarik. Namun disini saya tidak berkomentar tentang isi, tapi tentang judul. Sepertinya penggunaan 2 kata yang diulang, terasa sedikit mubazir. Menurut saya akan lebih ringkas dan enak dibaca kalau memakai judul: Rumah dan Karakter SP.

    Apa itu SP? Bagi kebanyakan dari kita sih pasti sudah tahu, namun untuk umum, belum tentu dimengerti, jadi akan lebih jelas kalau ditulis dengan judul “Rumah dan Karakter SP (Satria Piningit)”.

    Kelihatannya sudah sedikit jelas, namun masih bisa diutak atik lagi. Judul ini nanti tentu akan masuk ke search engine google. Cara kerja mesin pencari kurang lebih akan mencari kata/judul paling awal baru kata selanjutnya, jadi kata kunci yang masuk pertama adalah kata : Rumah. Sehingga pilihan judul kata kunci rumah (SP) akan bersaing dengan blog/site lain yang memuat kata sejenis: rumah murah, rumah dijual, rumah BTN dll.

    Jadi judul apa yang paling baik, enak dibaca dan sekaligus laris manis di search engine? Menurut penerawangan saya, judul yang lebih baik adalah: “Karakter dan Rumah SP (Satria Piningit) atau alternatif lain “Satria Piningit (SP), Karakter dan Lokasi Rumahnya”.

    Karakter kata lainnya adalah Watak. Sejauh mana populeritas kata Kharakter dibandingkan kata Watak digunakan, bisa dilihat di data search engine dan nantinya juga bisa dijadikan pertimbangan untuk pemilihan judul dst..dst.

    Maaf, Kang, hanya sekedar sharing abal2, sambil minum kopi. Salam

  22. sakti

    Gkd satrio piningt

  23. sumber melati

    analisa yg keren……….. ada rasa ada harga……. disanalah letak keadilan Tuhan.

  24. Pemuda bani tamim

    Mimpi ttg kemunculan SP…
    SP akan muncul menjelang akhir tutup tahun… Aura SP sgt panas…parasepuh ( dukun=pr penyihir) tdk akan sanggup mendekati SP…parasepuh (dukun=pr penyihir) berkumpul untuk mencari dan membunuh SP untuk dijadikan tumbal kepada raja syetan (iblis)….krn kemunculan SP akan menghancurkan duniakegelapan (pr penyihir)…

  25. fulan

    Assalamu’alaikum wrb salam hormat kpd seluruh sesepuh yang tidak dapat saya sebutkan 1/1.

    Dengan hormat.
    Perkenalkan nama saya Fulan.
    Alamat : Jawa Barat, Indonesia.
    Ttl : Jkt, 10 Dzulqaidah 1399 H (36th).
    Pasaran : Selasa Kliwon, Anggoro Kasih, Aras Tuding.
    Pnddkn trkhr : S1 Psikologi.
    Zodiak : Libra.
    Ayah Jawa Tengah, Ibu Bandung.

    Berdasarkan tulisan tentang sp di atas, saya akui saya memiliki sebagian kecil dari deskripsi “karakter2 beliau” tsb.
    Namun saya tidak berani melanjutkan diri untuk meyakinkan diri saya bahwa saya adalah “beliau” karena:

    1.Saya tidak memiliki kunci “harta amanah”.
    2.Pengetahuan saya terutama ttg agama, sejarah & politik pemerintahan sangat minim.
    3.Saya tidak merasa memiliki Wahyu Keprabon.
    4.Hal lain yg mungkin akan muncul mendukung pernyataan tentang keraguan saya akan kapabilitas diri saya ini.

    Namun saya tetap memperkenalkan diri saya di sini karena spt halnya para sesepuh & mayoritas rakyat Indonesia saat ini, saya pun merindukan sosok pemimpin yg tidak hrs sempurna (krn “kesempurnaan” hanya milik tuhan & andraandthebackbone), hanya saja ideal untuk mengatasi sikond kesemrawutan yg hampir menyentuh segala lini kehidupan saat ini.

    Pun bila ternyata “beliau” bukanlah saya, saya tetap berharap semoga Allah subhanahu wata’ala segera memunculkan beliau di tengah masyarakat terutama di tahun masehi 2016 ini. Semoga tuhan mengabulkan

    Terima kasih,
    Salam.

    • Kalau benar, ini tentu berita yang luar biasa !!!
      Apa yg dicari2 ternyata sudah muncul disini.
      Saya sih percaya, setuju dan ok ok saja.
      Semoga sukses.
      salam

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s