Lir Ilir, Pameling Leluhur.

28 Komentar

Filed under Leadership Building.

28 responses to “Lir Ilir, Pameling Leluhur.

  1. sang pemimpi

    Salam ki dalang ABR aka SimPang aka O-O

    kepalang tanggung kang….sukanya yang nanggung2….hehehe….

    *kabur*

    • O-O

      Salam Kang SPmimpi…… Memang selalu kebagian peran yang nanggung kok kang… nanggung belanja, nanggung beaya sekolah anak-anak, nanggung cicilan mobil, nanggung cicilan bangun rumah….dll… wakkkkk.

  2. wager

    Yeah…..ketipu lagi. Sudah seduh kopi dan mau baca sambil nyantai eh, baru judul doang……..

    • O-O

      Wakakkkkkk…….. Salam kang Wager…. materi sedang disiapkan….eee… cerita SP kelihatannya lebih mendesak untuk diperbarui.
      Suwun kang.

  3. Salam hangat kang 0-0 @ apa khabar kang 0-0..?? Semoga baik selalu…

    Lagu yg selalu mengalun ditanah parahiyangan,,…
    Memang pada dasarnya setiap manusia itu bocah angon,.yg utamanya untuk mengangon dirinya sendiri,….

    • O-O

      Salam Kang Nur…. Syukurlah sehat sekeluarga semoga akang juga. Terimakasih do’a dan salam hangatnya.
      Tul kang… selanjutnya angon istri dan anak… trus… angon cucu… trus ganti diangon masuk kubur.
      Suwun ditengokin kang Nur.

  4. Salam kang 0-0,.. nggeh kang,,puji Tuhan,..karena hal itu, maka pemimpin yg sesungguhnya,,bukanlah tanpa obsesi,apalagi dengan nafsu,..ckckck…

    Salam kang,utk anak pertama,..dia baik lho kang,.dan semoga punya masa depan yg cerah..

  5. sang pemimpi

    Salam kang O-O

    Ada apa kang….kok saya lihat semangatnya agak kendur…

    Keikhlasan berbagi (ilmu) itu terbentuk karena keistiqomahan….

    semoga akang istiqomah berpegang teguh pada visi misi dibentuknya padepokan ini….yang penting kualitas, kuantitas belakangan… hehehe..

    Maaf jikalau sering cuman numpang lewat baca2 saja…

    • O-O

      Salam Kang SPmimpi.
      Amiin kang …. eeh… ternyata akang sering nengokin ya kang…. maklum … lagi banyak tugas… jadi nggak sempet mantau PKB maka digulung dulu klosonya… kuatir dioret-oret yg nggak-enggak sama RA666…He..he…he.
      Suwun Kang.

      • sang pemimpi

        Salam kang O-O

        Ow dia yah….hahaha…ngga papa kok kang….cuman kangen aja kalo pas pengen ada yg di baca2….

  6. Salam kang pemimpi @ apa khabar kang pemimpi..??

    • sang pemimpi

      Salam kang nur….

      Baik kang…semoga akang dan keluarga juga demikian….

      Karena merasa tidak berkepentingan langsung….dan kurangnya wawasan….saya lebih sering jadi pembaca yg baik termasuk tulisan2 akang yg seperti pujangga….itung2 nambah wawasan, biar ngga dibodohi org2 pinter terus….maklum kang saya kan termasuk IQ yg maaf jongkok…hehehe…

      Suwun…

  7. Salam kang pemimpi,kang 0-0 @ puji Tuhan kang,.amiiin,..
    Ah tidak demikian kang,.iq saya sangat njebok kang,.waktu sekolah pernah sampai peringkat 46 dari 48 siswa,.sebuah peringkat yg ckckck,..
    Kang sang pemimpi penalaranya sangat bagus kok,..kalau tidak mana bisa mimpin keluarga,.hhe,.
    Ohya kang,.(bisik-bisik biar gak kedengaran),kalau kang 0-0 mah lengkap,.mantabs dah..

    • O-O

      Salam Kang Nur.
      Ckckck.. bagus dong, peringkat ke 46 dari 48 artinya no 3 terbaik (urutan meningkat/ascending)…he..he.
      Oh..ya..(bisik-bisiknya masih kedengaran)… ah..saya sangat bersukur kang, mengingat masa bayi sudah ditinggal bopo dan bukan dari keluarga mapan.. warisan bopo direbut saudara sendiri… untungnya sekolah negri bersubsidi… urutan selalu ditengah akhirnya ya sekarang tetap ditengah… misalnya rumah di tengah jakarta posisi di tengah jalan.. alias kebanyakan waktu hidup ada di jalan, status sosial di tengah-tengah… artinya setengah sosial alias setengah pelit, pangkat kedudukan juga di tengah… karena disenangi bawahan dan atasan sehingga ya…tetap posisinya…he..he.

      Salam Kang SPmimpi.
      Bagaimana kesan akang terhadap film Lord of the flies?

      Suwun Kang Nur, Kang SPmimpi.

      • sang pemimpi

        Salam Kang O-O

        kesannya kok seperti ngelihat akang yah….hehehe….saya salut anak sekecil itu sudah tahu cara survival, jangan2 sejak kecil sudah diikutin sea survival….soal intrik2 dalam film tsb. itu sudah mewakili sifat2 manusia…..yang terakhir itu tim SAR (baca kang O-O) yah….lanjutken….

        @Kang nur….selamat kang ternyata ranking akang lebih tinggi (besar) dari ranking saya….hehehe….

        Suwun

  8. Wahahahaha,.kang sang pemimpi bisa aja…

  9. O-O

    Salam Kang SPmimpi.
    He…he….he… mungkin sewaktu meracik halaman tsb dg sepenuh hati…jadinya spirit ikut nempel disitu dan memunculkan semacam “finger print” sehingga akang serasa melihat saya… ngawurdotcom….wkkkk.
    Btw…. makna lord of the flies itu adalah Lucifer… yg menggambarkan kejatuhan moral dari malaikat jadi iblis.
    Suwun kang.

    Salam Kang Nur.
    Iya dong… namanya kan sudah cocok Sang Pemimpi…berarti serba bisa.. tak ada yg tak bisa dialam mimpi,,, so… kang SPmimpi kemampuannya serba bisa seperti saat mimpi….. he..he…

    • sang pemimpi

      Salam kang O-O…

      Tapi sayangnya bisanya cuman bermimpi, kenyataannya mlempem….seandainya terjadi sesuatu ataupun goro2 sekalipun dalam mimpi, yg penting impactnya buat org lain tidak ada, panglingan kepala sendiri pas bangun jadi pening….hehehe….

      Seperti 4 hari lalu saya bermimpi melihat ada planet melintas hampir menyerempet bumi, untungnya cuman menyibak lapisan atmosfer bumi, bukan tubrukan….tapi efek dimimpi sangat mengerikan, merusak keseimbangan alam bumi, semua org panik, cuman saya aja yg ngga panik karena cuman bisa melongo….untungnya juga cuman mimpi, jadi seperti lihat film tapi ngga bayar….wkwkwk….

      Udah jgn serius2….suwun…

  10. js

    Selamat pagi …salam hormat……

    Semoga Mas ABR…Mas Sang Pemimpi…Mas Nur dan semua sedulur dan porosepuh sehat dan damai selalu……

    Kami juga sehat dan berbahagia atas rahmat NYA…..

    Apakah sudah selesai tugas Mas ABR ??…..semoga selalu sukses….Amin.. Saya ikut nyimak saja di padepokan ini…..Nuwun…

    • O-O

      Salam Cak JS.
      Terima kasih do’a cacak…. semua sudah diselesaikan tetapi selalu akan ada tugas didepan… ibarat selalu ada tanjakan dibalik pendakian.
      Suwun cak.

  11. js

    Salam hormat untuk sedoyo sedulur……

    Lir ilir….lil….ilir
    Tandure….wis….sumilir…..
    Tak ijo royo royo
    Tak sengguh penganten anyar……
    ________________________________

    Salam hormat Mas ABR…..saya hanya menulis untuk menambah keterangan dari Njenengan tentang arti atau makna tembang diatas…menurut rasa saya pribadi , salah dan benarnya bukan hal yang serius dan sangatlah wajar sebagai manusia yang tidak sempurna…..

    LiR ILIR bisa diartikan bangun dari tidur atau terjaga sadar ( dalam bahasa Jawa “nglilir ” atau terjaga dari tidur )..posisi dari keadaan hilang atau tidak sadar lalu menjadi sadar dan ingat………

    Arti dari NGLILIR bangun adalah SADAR ….tidak buta atau tidak lagi tuli….akal pikiran dan nurani ( Iman ) terbuka …berjalan sesuai dengan pesan awal yang sudah ada dalam dirinya dan pesan itu selalu saja berbunyi ….seperti sumber mata air yang terus mengalir…. energi atau sesuatu yang begitu sangat dekat dengan Tuhan dan apa itu sebenarnya ….ruh…sukma…jiwa / pribadi kembar ..atau Hati Nurani…entahlah ??…..

    Sadar atau kesadaraan sebagai kewajiban untuk dijalankan manusia demi keselamatan hidup dirinya (dhohir dan ghaib ) untuk waktu sekarang atau masa akan datang atau meninggal dunia / ninggal dunyo ( pindah tempat ) ….
    Sadar atau Iman haruslah menjadi Imam dari segala sifat diri kita , sifat sifat manusia yang amat lengkap , seperti memenuhi 2 permukaan keping atau memenuhi isi lingkaran ……seperti dalam pakeliran wayang kulit sudah dijelaskan bahwa sifat manusia adalah sebanyak wayang dalam kotak ….ada wayang bolo kiri dan kanan….ada sifat dewa malaikat , iblis jin demit brekasaan …raja satria pandhita , . binatang….waah…pokoknya banyak…he he he….dan SIAPA yang seharusnya menjadi Panutan / Imam ??….

    Manusia adalah mahluk ciptaan yang sempurna dan dalam jasad diri manusia banyak gambar gambar gaib yang mengisyaratkan tentang arti dan makna kehidupan dan juga alam smesta ..ada gambar isi alam ( bulan bintang matahari dll )…….

    Tentang makna Tandure wis sumili …nanti dilanjut lagi….masih ada pekerjaan yang belum selesai….Nuwun….

  12. js

    Salam……ilir memang berarti suatu yang berputar.. kipas .baling baling atau apapun …..bila disambung dengan tandure wis sumilir saya bingung maknanya….jadi lir ilir saya artikan adalah seruan untuk bangun atau sadar atas sesuatu keadaan……

    Tandure wis sumilir…..ini adalah sanepan gambaran kehidupan kita / manusia yang sudah menginjak dewasa……banyak hal yang sudah ditempuh semenjak kecil dan sudah sangat banyak hal yang dilakukan….perbuatan yang bernilai buruk / aniaya atau yang bernilai bagus / manfaat …..

    Dalam berbuat melakukan sesuatu maka kita seperti mengambil atau diberi banyak biji tanaman dan biji itu harus ditamam ….biji yang sesuai dengan perbuatan kita masing masing…
    ..
    Manusia dalam menempuh hidup saya kiaskan seperti menanam banyak biji pohon itu …pohon yang manfaat atau pohon liar yang tidak ada gunanya…..

    Tandure wis semilir artinya pohon itu sedang tumbuh dan terlihat batang dan daun dan hal yang lain . .. akibat dari menanam biji ada hasil akibat dan kita diseru untuk memperhatikan dengan seksama ….harus menanggung resiko dari perbuatan itu…..

    Ilir ilir …adalah seruan untuk manusia supaya belajar sadar ….bahwa berbuat ada nilai balasan…baik dibalas baik dan buruk juga dibalas dengan keburukan yang setimpal..inilah keadilan……..

    Semoga saja kita selalu menanam biji biji pohon yang manfaat….dan akibat dari itu tentunya hal yang bernilai baik juga…..

    Tumbuhan itu pasti dan akan terus tumbuh dan menjadi TAK IJO ROYO ROYO……

    Tak Ijo royo royo / subur menghijau ini apakah pohon buah atau pohon beracun atau liar.??…

    Tak Sengguh Pengantin Anyar…..sesuatu yang berkias tentang hal yang mengikat atau ada keterikatan ….sesuatu hal yang bermaksud menemani….hasil atau akibat dari sifat dan perbuatan / aksi kita…..asin itu mungkin karena garam dan manis itu karena gula.dan lain lain….sifat buruk melahirkan kedholiman dan kenistaan….sifat yang lurus dan benar melahirkan kemuliaan dan keluhuran……maka kita sedang meminang dan kawin dengan sifat dan perilaku bagaimana dan apa ???….sebagai pangkat atau predikat dalam hidup……semua itu adalah pilihan kita masing masing…..

  13. wedus berok

    Salam kenal kang admin, kang JS, kang Otakmie.
    Adakah yang tau Budak Angonku.?
    Salam embekkkkkkk.

Bila Berkenan, Mohon Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s